Upacara Memperingati Hari Pancasila Peserta Memakai Kostum Cabang Olah Raga Asean Games 2018

Surabaya – Peringati Hari Lahirnya Pancasila 2018 yang diperingati setiap tanggal 1 Juni membawa arti tersendiri bagi seluruh bangsa Indonesia tak terkecuali jajaran PT Pelindo III (Persero) yang ingin secara bersama warga sekitar Tanjung Perak melakukan Upacara Bendera bersama di Lapangan upacara SMA Hang Tuah Surabaya,(1/6).Sore.

Upacara Hari Kelahiran Pancasila ada yang unik peserta upacara memakai pakaian dan kostum berbagai macam cabang olahraga Asean Games 2018 dan  berbaur dengan masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Perak di ikuti pengukuhan pejabat struktural Pelindo III dan dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama warga.

Usai pengukuhan pejabat Pelindo III, Direktur Utama(Dirut)  PT Pelindo III, Arie askara ceo pelindo memberikan bantuan program bina lingkungan Pelindo III pada SMA Hang Tuah 1 dan lainnya.

Dalam sambutannya, Ari Askhara menyatakan, upacara hari ini berbeda dengan yang digelar instansi lainnya pada pagi hari tadi. “Kita melaksanakan upacara pada sore hari begini, untuk menghormati mereka yang menjalankan ibadah puasa,” ucapnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, pentingnya bangsa Indonesia meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi.

Ini mengingat, sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin,” ujarnya.

Sementara semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama,  juga merupakan sebuah keharusan.

“Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati.  Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi, ” cetusnya.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan,  Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Segenap elemen bangsa harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

“Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul dan tangguh,” ungkap Presiden Jokowi yang sambutannya dibacakan Dirut PT Pelindo III, Ari Askhara.

Presiden Jokowi mengajak masyarakat agar Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-niai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia parafounding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ucapnya.(TH)

Bagikan berita ini
12 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *