Tumpeng Raksasa Isi Roti Goreng Warnai Ruwat Desa Mulyodadi-Wonoayu, Sidoarjo

Sidoarjo – Halaman dan pendopo balai desa Mulyodadi Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo pagi itu, Sabtu (21/4) terlihat penuh sesak oleh kehadiran ratusan warga yang ingin mengikuti acara ruwatan desa.

Kegiatan tradisi budaya tersebut makin menarik pengunjung karena di halaman balai desa telah terpajang tumpeng raksasa setinggi 5 meter yang berisikan susunan roti goreng layaknya susunan batu piramida.

Menurut Slamet Haryadi, Kades Mulyodadi, sengaja dipilih roti goreng sebagai hiasan tumpeng sebab makanan tersebut merupakan produk ikon desa.

“Memang demikian, roti goreng adalah produk ikon UKM masyarakat desa ini turun temurun. Maka dari itu, acara ini sengaja kita tampilkan itu sekaligus sebagai tetenger bahwa Mulyodadi sentra UKM roti goreng,” ujar Slamet.

Gelaran ruwatan desa di desa Mulyodadi terbilang cukup panjang. Ada beberapa kegiatan selain tumpengan yakni, pengajian, panggung hiburan ludruk dan wayang kulit yang dilaksanakan di hari sebelumnya.

“Ruwatan desa ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta serta upaya melestarikan warisan budaya leluhur sebab kalau bukan kita siapa lagi,” tandas Slamet menegaskan.

Dalam acara tersebut, hadir pula pejabat dari Dispora Sidoarjo, Camat Wonoayu, Danramil 0816/13 Wonoayu serta Kapolsek Wonoayu. Acara makin meriah ketika ratusan warga yang sedari tadi menunggu langsung berebut tumpeng roti goreng. (git)

Bagikan berita ini
17 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *