Sidomojo Krian Bergoyang Saat Pak Kades Berdendang

Sidoarjo- Meski tak semegah seperti di desa Sedengan Mijen, acara ruwatan desa dan sedekah bumi di desa Sidomojo Kecamatan Krian, Sidoarjo pada Rabu (02/03/18) malam berlangsung sangat meriah. Hal itu bisa dilihat dari padatnya halaman kantor pemerintah desa yang penuh sesak oleh kehadiran warga.

Dua panggung hiburan berdiri megah. Satu untuk pertunjukan wayang kulit lainnya untuk campursarian dan orkes dangdut yang dimainkan oleh remaja karang taruna Sidomojo sendiri.

Suasana makin meriah ketika Kades Sidomojo, Ihwan Hadi turut tampil keatas panggung berduet mendendangkan beberapa buah lagi dengan luwesnya diiringi sorakan riuh penonton yang berrebut saat lembaran rupiah disebarkan ke bawah panggung. Sangat semarak.

Dalam sambutan singkatnya, Ihwan Hadi menyampaikan rasa terima kasih serta menjelaskan tujuan diselenggarakannya acara tersebut. “Kegiatan seperti ini sudah sepantasnya dilakukan rutin setiap tahun sebab menunjukkan identitas jati diri bangsa khususnya tradisi budaya masyarakat Sidomojo. Jangan diartikan hal ini dengan kegiatan hura hura semata. Ruwatan desa ini adalah upaya melestarikan nilai nilai budaya dan kearifan lokal yang telah diwariskan oleh para leluhur desa Sidomojo sebagai bekal hidup bermasyarakat serta pengingat bagi generasi selanjutnya,” ujar Ihwan Hadi bersemangat.

Lebih jauh Kades Sidomojo ini menjelaskan bahwa nilai nilai budaya dan kearifan lokal tersebut sangat penting sebagai filter pencegah dari arus perkembangan jaman yang makin modern dan nyaris melupakan akar budaya jati diri bangsa seperti hidup serba acuh, tak pedulikan lingkungan sekitar dan tanpa ada sama sekali rasa guyub kegotong royongan yang telah lama menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Selain pertunjukan wayang kulit yang dimainkan oleh dalang Ki Teguh dari Mojokerto dan orkes melayu karang taruna, tontonan lain yang menarik adalah penampilan tari remo yang dimainkan oleh group tari Mulyo Laras. Gerakan lincah nan rancak lugas khas Jawa Timuran sungguh memukau penonton pada malam itu. (git)

Bagikan berita ini
17 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *