PERNIK RAMADHAN Masjid Jami’ Peneleh Ini Tenyata Masjid Tertua Di Surabaya

Lensanasional.co.id – Diantara sekian banyak masjid yang menjadi saksi biksu penyebaran agama Islam di kota Surabaya adalah Masjid Jami’ Peneleh yang dibangun oleh Sunan Ampel pada 1421.

Tidak banyak catatan sejarah yang mengupas tentang masjid ini, namun warga setempat mempercayai bahwa masjid yang terletak di Jalan Peneleh V ini lebih tua dibanding Masjid Sunan Ampel.

Berdaun jendela dan pintu berukuran besar nan tinggi serta ditambah menara yang cukup besar, bangunan khas zaman dulu masih tampak terlihat terjaga dengan baik.

Didalam, terlihat sepuluh tiang penyangga dari kayu jati berdiri tegak menopang bangunan. Hiasan tulisan Arab tampak jelas terukir di langit langit masjid bertuliskan keempat sahabat Nabi yakni, Abu Bakar, Umar bin Khatab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Selain itu, ke 25 ventilasi di semua dinding pun bertuliskan huruf Arab bertuliskan nama ke 25 Nabi.

Konon pembangunan masjid ini didorong oleh kondisi wilayah Peneleh saat itu merupakan daerah ramai. Berada di sisi timur Kali Mas yang menjadi urat nadi lalu lintas perairan pada masa itu, sehingga memudahkan bagi Sunan Ampel untuk menyebarkan agama Islam.

Namun sayang, masjid tua ini sekarang kalah pamor dengan masjid masjid bersejarah lain di kota Surabaya. Wartawan Lensanasional.co.id menangkap bahwa tak banyak warga asli Surabaya yang mengetahui keberadaannya. Hanya warga sekitar masjid saja yang sering sholat disini. (HANS)

Bagikan berita ini
8 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *