PERNIK RAMADHAN : Ini Pohon Yang Diyakini Jadi Saksi Perjalanan Hidup Nabi Muhammad saw

LensaNasional.co.id – Pernah nonton film The Blessing Tree? Sebuah film yang mengangkat kisah tentang pohon Sahabi. Pohon yang terletak ditengah gurun Yordania ini diyakini sebagai tempat bersejarah pertemuan Nabi Muhammad dengan pendeta Buhaira.

Pohon bersejarah tersebut ditemukan oleh Pangeran Ghazi usai kembali dari Universitas Cambridge dan kemudian ditugaskan oleh Raja Hussein untuk bekerja di perpustakaan kerajaan Yordania.

Diperpustakaan itulah sejumlah literatur ditemukan. Diantaranya dokumen tentang pohon yang di masa Raja Abdullah I terlewatkan, tak dimasukkan sebagai situs suci saat dilakukan inventarisasi. Padahal pohon yang terletak diwilayah Safawi ini diyakini sebagai tempat pertemuan antara Nabi dengan pendeta Buhaira.

Dalam sebuah kisah disebutkan, ketika berusia 9 atau 12 tahun, Nabi ikut sang paman, Abu Thalib berdagang ke Bushra diwilayah Syam atau Suriah kini. Ditengah perjalanan rombongan Abu Thalib dan Nabi Muhammad berjumpa dengan pendeta Buhaira.

Pendeta itu lalu memberi tahu Abu Thalib bahwa anak kecil yang turut serta dalam rombongannya (Muhammad) kelak akan menjadi Nabi dan berpesan agar Abu Thalib menjaga Muhammad.

Semua itu terjadi dibawah pohon ini dan Nabi pernah duduk dibawahnya sehingga pohon ini disebut sebagai Sahabi atau saksi hidup.

Seluruh kru film The Blessing Tree percaya bahwa pohon yang dikisahkan sebagai tempat pertemuan itu adalah pohon ini dan dianggap sebagai tempat penting dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad dan kelahiran Islam. (Hans)

Bagikan berita ini
10 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *