Pengusaha Entertain Terkenal di Surabaya Bagi-bagi Ang pao ke Masyarakat 

Surabaya -Bos  Diskotik stasion Di Tunjungan Plaza Surabaya dalam merayakan hari raya imlek, menggelar Bagi-bagi ang pao  kali ini  pengusaha terkenal asal surabaya yaitu Wee Fan alias Paulus Welly Affandi Pemilik diskotik Stasion tunjungan Plasa Surabaya. Jumat, 16 Februari 2018.

“Mereka bagi bagi angpao kepada Masyarakat sekitarnya sebagai wujud syukur. Dengan Memberikan Angpao kepada generasi muda (anak atau muda-mudi yang belum menikah) merupakan suatu tradisi dan budaya Masyarakat Tionghoa saat merayakan Tahun baru Imlek atau tahun baru cina.

Pembagiam Angpao ini di berikan di kediaman Paulus welly Affandi ( Wee fan) di jalan Seruni Surabaya.

Tradisi Tionghoa juga mengenal pemberian ang pao yang diberikan  hari  Imlek. Budi menyebut halini sebagai Hari Persaudaraan.

Selain arti dari warna merah, angpao juga memiliki makna filosofi transfer kesejahteraan atau energi. “Transfer kesejahteraan dari orang mampu ke tidak mampu, dari orangtua ke anak-anak, dari anak-anak yang sudah menikah ke orangtua.

Angpao sendiri memiliki arti bungkusan merah. Pada buku5000 Tahun Ensiklopedia Tionghoa 1karya Christine dan kawan-kawan, terbitan St Dominic Publishing tahun 2015 disebutkan bahwa warna merah di China juga identik dengan api. Melambangkan kemeriahan dan kehangatan. Maka tak heran warna merah mendominasi ornamen Imlek.

Angpao bisa jadi hal yang paling ditunggu oleh anak-anak saat perayaan Imlek. Tradisi memberi uang di Tahun Baru China memang telah lama dilakukan dan bahkan menyebar ke tradisi perayaan lain.

“Ini mewajibkan orang yang merayakan Tahun Baru Imlek untuk membantu sesama yang tak mampu merayakannya,” kata Budi.Menariknya dalam tradisi memberi angpao ada peraturan tidak tertulis. Sebelum menerima angpao, anak-anak mengucapkan selamat tahun baru dengan membungkus kepalan tangan kanan dengan tangan kiri. Sebab tangan kanan berkesan agresif.

Pemberi angpao biasanya adalah orang yang telah menikah. Jadi selain anak-anak, orang yang belum menikah masih berhak mendapatkan angpao. Bukan hanya berbagi rezeki tetapi juga doa agar cepat mendapat jodoh.

Sementara itu warga sekitar antri mendapatkan Angpao dengan tertib aman dan lancar dan diawasi polrestabes, polsek genteng dan koramil genteng setempat.

Pembagiam Angpao ini di berikan di kediaman Paulus welly Affandi ( Wee fan) di jalan Seruni Surabaya,mereka mengantri sejak tadi pagi untuk mendapatkan sebuah Angpao Pada hari Jum’ at  16/02/2018 siang, Sayang sekali awak media tidak bisa menemui  Pemilik diskotik tersebut di karenakan tidak ada di kediamannya.(TH)

Bagikan berita ini
555 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *