Surabaya- Kamis (29/04), Program Studi (Prodi) Teknik Geomatika Fakultas Teknik Universitas Dr. Soetomo (FT Unitomo) melaksanakan penandatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Kegiatan dilaksanakan sebagai implementasi kesepahaman bersama antara keduanya dan merupakan kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya pernah ditandatangani Rabu (03/07/ 2019), lalu.

Bertempat di Auditorium RM Soemantri, kegiatan dihadiri Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama, Biro Hukum, Kordinator Kerja Sama, serta Tim Humas BIG. Selain itu turut hadir Ketua Prodi Teknik Geomatika Unitomo, Kepala Departemen Teknik Geomatika ITS, Kepala Program Studi Teknik Geodesi ITN, Dekan FT Unitomo, dosen-dosen teknik geomatika unitomo, dan beberapa mahasiswa teknik geomatika Unitomo. Seluruh tamu undangan yang hadir diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19 yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan manggunakan handsanitizer.

Kerja sama dilakukan dalam taraf untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terkait informasi Geospasial dalam . . . . . . bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Setelah melalui fase Revolusi Industri 2.0 (Revolusi Teknologi), dilanjutkan dengan Revolusi Industri 3.0 (Revolusi Digital), saat ini kita memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Di era Revolusi Industri 4.0 ini bermunculan berbagai teknologi baru antara lain Internet of Things (IoT), Augmented Reality, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Cyber Security, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dalam bidang geospasial. Sudah siapkah kita?”, kata Suprajaka saat memberikan sambutan.

Suprajaka menambahkan, melalui kerja sama yang terjalin BIG mendukung penuh upaya yang dilakukan Unitomo dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia terkait informasi geospasial untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Mari kita sama-sama berbagai potensi yang dimiliki oleh BIG dan Unitomo akan dimaksimalkan untuk memenuhi berbagai harapan tersebut. Ke depannya kerja sama antara BIG dengan Unitomo akan berlanjut dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat”, pungkasnya.

Usai penandatanganan PKS dilanjutkan dengan dialog peningkatan mutu pendidikan Teknik Geomatika. Dialog ini dimoderatori oleh Ketua Prodi Teknik Geomatika Unitomo, Yunus Susila dengan narasumber  Bangun Muljo Sukojo, Guru Besar Teknik Geomatika ITS dan Suprajaka, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG. (TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *