Sidoarjo, Pojok Delta – Lokasi sebuah desa bukan tidak mungkin menjadikannya sebagai wajah depan dari suatu wilayah baik Kabupaten maupun Kecamatan. Terlebih bila desa itu berlokasi persis di area perbatasan menuju pintu masuk wilayah tertentu.

Maju tidaknya pembangunan sebuah Kabupaten atau Kecamatan dapat dilihat dari kondisi desa itu tadi. Hal tersebut disampaikan Gundari, Plt Camat Wonoayu, Sidoarjo saat pidato Sertijab di Desa Pilang, Senin (5/4/21)

“Disini peran penting Desa Pilang sebagai desa paling timur yang jadi pintu masuk ke wilayah Kecamatan Wonoayu atau jadi wajah bagian depannya kecamatan ini,” kata Gundari.

Selain itu lanjut Gundari, “Menjadi seorang Kades itu ndak mudah. Tugasnya berat. Ia harus . . . . . . ber-back ground seorang tokoh di desanya yang berwibawa dan mampu memimpin sekaligus menciptakan sinergitas harmonis antara semua unsur lapisan masyarakatnya,” tegas Gundari.

Pada prosesi Sertijab tersebut diserahkan pula secara simbolik buku laporan kerja Pj Kades H M Yusuf kepada H Alfadi Kades baru disaksikan segenap komponen lembaga dan tokoh desa.

Terpisah, Alfadi menjelaskan bahwa ada dua skala prioritas kerja yang akan direalisasikannya selama menjabat nanti. “Satu berupa pembangunan TPST dan pendirian Rest Area yang kini sudah dalam taraf pengurukan tanah selain juga tetap fokus melayani kepentingan warga tentunya,” jelasnya.

Terkait masalah tanah yang kerap jadi sorotan media, dirinya mengaku siap menyelesaikan. “Soal itu Alhamdulillah saya telah mendapat sebendel buku tentang riwayat dan status tanah yang ramai diberitakan belakangan ini.

Alfadi siap membawa buku itu sebagai acuan bila nanti masalah tersebut sampai ke ranah hukum.

“Jadi bila ada yang kurang puas atau ingin konfirmasi soal tanah itu akan saya jawab dan jelaskan. Monggo kapan pun siap,” tandas Alfadi kepada awak media ini. (sigit)