Sidoarjo, Pojok Delta – Banyaknya keluhan masyarakat akan buruknya kondisi jalan di wilayah Sidoarjo akhirnya disikapi oleh pihak Kabupaten melalui pengucuran dana sebesar Rp 1 milyar per Kecamatan untuk realisasi penambalan jalan.

Di Kecamatan Wonoayu misalnya, sejumlah ruas jalan tampak dilakukan pengaspalan seperti jalan antara Jimbaran Kulon hingga Popoh serta Pilang sampai ke utara.

“Yang dua itu telah rampung sementara dua lainnya yakni ruas antara Sumber Rejo-Villa Jasmine dan Karang Puri-Jogosatru dalam taraf pengerjaan,” kata Gundari Plt Camat Wonoayu di ruang kerjanya Kamis (1/4/21).

Meski begitu, Gundari tidak menampik bahwa masih ada yang mengeluh. “Keluhan itu terkait masih buruknya jalan antara Pager Ngumbuk-Candinegoro-Terung Wetan dan Sawo Cangkring sampai Krian,”ujarnya.

Terkait hal itu, Gundari . . . . . . menjelaskan bila jalan yang masih dikeluhkan masyarakat tersebut karena akibat ketidak pahaman kondisi sebenarnya.

“Untuk Pager Ngumbuk-Candinegoro hingga perbatasan Terung Wetan Krian menjadi tanggung jawab pengembang perumahan yang berlokasi di Terung Kulon Krian sebab hilir mudiknya truk pengangkut tanah urukan yang melewati jalan itu,”jelasnya.

Gundari juga menambahkan pihak pengembang perumahan telah dihubungi. “Mereka siap bahkan sudah memberikan ganti rugi ke desa desa yang jalannya rusaj karena truk pengangkut urukan,”tambah Gundari.

Sementara ruas jalan Sawo Cangkring sampai ke perbatasan Krian menurut Gundari menjadi tanggung jawab Kabupaten yang rencananya akan dicor atau betonisasi.

Dari pantauan, memang terbukti sejumlah jalan yang dulu hancur penuh lubang kini mulus tertutup aspal meski toh sebatas penambalan.
Harus diakui kapasitas seorang bukan dibidang konstruksi infrastruktur seperti membangun jalan rusak namun loyalitas pada tugas yang menampakkan hasil menandakan kinerja Camat pantas diapresiasi.

“Target kami Insya Allah puasa dan Idul Fitri depan semua jalan berlobang tersebut rampung kita perbaiki sehingga memudahkan lalu lintas masyarakat yang akan bersilaturrahmi Lebaran,” pungkas Gundari yang akrab dengan wartawan Pojok Delta ini. (sigit)