71 Warga Kepunten Tulangan Terima BST

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Wadiyono tampak sumringah. Warga Desa Kepunten Kecamatan Tulangan, Sidoarjo pada siang hari itu, Rabu (2/9/2020) bersama 70 warga lain menerima uang Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp 300 ribu per dua tahapan.

“Alhamdulillah meski nilainya tak banyak namun dapat membantu ekonomi keluarga kami,” kata Wadiyono yang dulunya mengaku berprofesi penjual mi ayam.

Program BST dari Kementerian Sosial RI tersebut ditujukan bagi masyarakat terdampak atau berpotensi miskin akibat wabah Covid-19. Realisasi pencairannya disalurkan lewat PT POS di masing masing kabupaten/kota.

Hal menarik dari penyaluran BST itu tentang masih adanya data penerima yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Di Kecamatan Balongbendo misalnya, penerima BST ternyata istri seorang Kades. Bahkan ada pula anggota aparat yang ternyata terdata sebagai penerima BST.

Realita semacam itu selayaknya menjadi perhatian serius yang harus segera ditindak lanjuti oleh instansi terkait. Sebab akan berpotensi menimbulkan kebingungan ditengah masyarakat hingga yang ekstrem berupa kecemburuan sosial.

“Bersyukur di desa kami tidak ada yang seperti itu. Semua calon penerima BST sesuai dengan kriteria persyaratan dan tak ada yang salah sasaran,” kata Ahmad Riyono, perangkat Desa Kepunten yang saat itu ikut hadir pada acara tersebut bersama Hanafi, perangkat lainnya.

Ahmad Riyono hanya berharap agar uang BST tersebut dipakai dengan baik oleh warga penerima. “Dibelanjakan untuk kebutuhan yang penting saja,” ujarnya.

Pencairan BST pada hari itu berlangsung di kantor Pemdes Kepuh Kemiri, Tulangan dengan area cakupan pencairan meliputi lima desa yakni, Kepuh Kemiri, Kepunten, Modong, Grabagan dan Grinting. (SIGIT)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *