Ratusan Warga Sebani Tarik Unjuk Rasa Tuntut Bayan Dipecat

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Ratusan warga Desa Sebani Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo memadati jalan depan kantor Pemdes. Kehadiran mereka bukan untuk menonton acara ruwatan desa melainkan berunjuk rasa menuntut keadilan dan mendesak pemberhentian Nanang (Kasi Perencanaan) atau Bayan Desa terkait pemukulan terhadap Moch Mujib (Kaur Kesra) atau Modin Desa pada Kamis lalu (21/5/2020).

Seluruh perwakilan masyarakat seperti BPD, LPMD, RT RW dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Desa Sebani datang sebagai perwakilan menemui Penjabat Kades Sebani, Titik Purnamawati, Senin (8/6/2020).

Perundingan berjalan alot karena para perwakilan mendesak pemberhentian Nanang (Bayan) pada hari itu juga.

“Apa yang dilakukan oleh Bayan itu jelas tidak layak sebagai perangkat desa. Arogan! dan sudah masuk ranah pidana. Kami warga Sebani sangat tercoreng dengan perbuatan Bayan itu,” kata Baihaqi, tokoh pemuda Sebani berapi-api.

Disisi lain, Penjabat Kades Sebani, Titik Purnamawati bersikukuh tuntutan warga tersebut tidak semudah itu dilakukan.

“Tidak bisa begitu saja harus saya putuskan hari ini juga. Meski saya mendukung aspirasi warga namun semua itu harus melalui prosedur administrasi yang berlaku dalam pemerintahan,” ucap Titik Purnamawati didampingi Sekcam Tarik dan staf kecamatan.

Perundingan akhirnya menemui jalan buntu. Namun kesepakatan berhasil diambil yakni melanjutkan perundingan pada malam harinya. “Nanti malam saya mohon disertakan berkas berkas pendukungnya agar bisa saya sampaikan ke atasan,” ujar Titik.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Tarik AKP Zulkifli Ahyat Musa mengatakan. “Kami disini hanya sebagai pengamanan saja untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Ini kan juga bagian dari dinamika demokrasi,”kata perwira polisi asal Jakarta itu.

Sebagaimana diketahui, asal unjuk rasa tersebut bermula dari kasus pemukulan Nanang (Bayan) kepada Moch Ajib (Modin) pada Kamis (21/5/2020). Nanang emosi lantaran saudaranya yang diajukan sebagai penerima BLT-DD dicoret oleh Mich Ajib karena dianggap tidak layak menerima. (SIGIT)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *