Berbagi Kasih Fatma Foundation, 1.000 Hazmat Diberikan untuk Tenaga Medis

Bagikan Berita Ini:

Surabaya–Setelah sebulan penuh saat memasuki bulan suci ramadhan, Fatma Foundation sukses membagikan ribuan paket sembako untuk membantu warga yang terdampak Covid-19.

Bahkan paska lebaran, yayasan murni sosial ini akan kembali melanjutkan misi kemanusiaannya, berbagi kasih untuk masyarakat prasejahtera yang terdampak corona. Sebelumnya, bantuan diberikan kepada tenaga medis dan tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat.

Bantuan yang diberikan berupa 1.000 baju hazmat sebagai alat pelindung diri (APD) juga face shield atau alat pelindung wajah, serta hand sanitizer. Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf Founder Fatma Foundation mengatakan, hazmat menjadi fokus bantuan karena permintaan APD begitu tinggi untuk membantu tenaga medis dalam merawat pasien positif Corona.

Bantuan berupa 1.000 baju hazmat dari Fatma Foundation telah didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Jawa Timur, antara lain di Surabaya, Mojokerto, Gresik, Jombang serta beberapa daerah lainnya.

“Kami banyak mendapatkan permintaan dari beberapa rumah sakit baik itu dari Surabaya, Mojokerto, Gresik, Jombang serta beberapa rumah sakit dari daerah lainnya,” kata istri Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Pemberian alat kesehatan dari Fatma Foundation ini mendapatkan respon positif dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ketua IDI Cabang Surabaya Dr. dr Brahmana Askandar SpOG (K) memberikan apresiasi kepada Fatma Foundation yang membantu 500 baju Hazmat, Face Shield dan Hand Sanitizer melalui IDI Surabaya.

Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh para tim medis dalam menangani pasien Covid19, karena saat ini APD cukup sulit didapatkan mengingat semakin banyaknya jumlah masyarakat yang positif corona khususnya di Surabaya.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Ibu Fatma Saifullah Yusuf melalui Fatma Foundation untuk para tim medis, yang nantinya melalui IDI cabang Surabaya akan dibagikan ke beberapa RS agar kami dapat memberikan pelayanan maksimal khususnya untuk pasien Covid-19,” kata Brahmana Askandar.

Berbagi Kasih untuk Semua Selain bantuan bagi tenaga kesehatan, Fatma Foundation melalui program berbagi kasih bersama sahabat, telah pula memberikan bantuan berupa 7.000 paket sembako atau kebutuhan pangan yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di 11 daerah sasaran.

11 daerah yang telah diberi bantuan oleh Fatma Foundation di antaranya adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, Malang, Lamongan, Blitar dan Sampang.

“Alhamdulillah Fatma Foundation sudah bergerak sejak sebelum ramadhan. Paket sembako ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Dan sasaran utama kami adalah pemberian bantuan bahan pangan kepada para lansia yang dhuafa atau sakit, sahabat disabilitas mulai tunadaksa, tunanetra, cerebal palsy, down syndrome, anak Yatim, para pemulung, pengamen, kumpulan pekerja seni, paguyuban tukang becak, dan masih banyak lagi,” kata Fatma Saifullah Yusuf.

Selain membagikan 7.000 paket sembako melalui jaringan relawan secara door to door, Fatma Foundation juga membagikan 1.800 paket sembako yang diberikan kepada para sopir angkot di 8 terminal yang ada di Surabaya.

Kerjasama dengan Organda Organisasi Angkutan Darat Surabaya dilakukan oleh Fatma Foundation agar pemberian bantuan tepat sasaran dan tertib.

Bantuan untuk para sopir angkot ini terbagi sebanyak 150 paket di terminal Kenjeran; 100 paket di Bulakbanteng; 300 paket di Joyoboyo; 300 paket di Benowo; 250 paket di Manukan; 250 paket di Perak; 250 paket di Petekan; dan 200 paket di PGS.

Paket sembako yang disiapkan Fatma Foundation ada beberapa macam antara lain berupa beras, minyak goreng, mie instan, mie keriting, telur ayam, gula pasir, teh celup, sarden, kecap, garam dan masker kain.

Sementara itu, Fatma Saifullah Yusuf yang juga Ketua Umum BKOW Provinsi Jatim mengatakan bahwa dirinya juga telah menggerakkan organisasi di bawah kepemimpinan kepemimpinannya itu untuk ikut membantu masyarakat yang terdampak Corona.

“Beberapa dari 46 organisasi wanita yang bergabung di BKOW Provinsi Jawa Timur telah melakukan baksos pandemi corona dengan induk organisasi masing-masing.

BKOW juga melakukan hal yang sama, yaitu memberikan bantuan paket sembako dalam 2 tahap. Dari total dana yang terkumpul, BKOW dapat menyiapkan sembako sebanyak 635 paket, kemudian diberikan kepada masyarakat prasejahtera khususnya para lansia dhuafa, pedagang sektor informal atau kaki lima yang terdampak serta sahabat disabilitas perempuan.

Alhamdulillah yang memberi bahagia karena dapat kesempatan berbagi dan yang menerima juga senang karena dapat sedikit menyambung hidup. Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat dan berkah bagi penerimanya,” ujar.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *