Bandara Juanda Siap Terapkan Prosedur Pelayanan Situasi _New Normal

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo, 29 Mei 2020 – Bandar Udara Internasional Juanda telah siap untuk menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang dalam situasi _New Normal_ seiring dengan telah selesainya Pedoman Protokol Kesehatan _The New Normal_ di 15 Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

“Angkasa Pura I telah menyelesaikan pedoman protokol kesehatan untuk mendukung operasional penerbangan dalam situasi _New Normal_.

Pedoman ini dapat sesegera mungkin disosialisasikan dan diterapkan di Bandara Juanda begitu peraturan resmi mengenai situasi New Normal dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo.

Secara khusus Pedoman Protokol Kesehatan _The New Normal_ ini mengatur secara detail mengenai prosedur dam persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional.

Dalam pedoman ini juga diinformasikan mengenai berbagai upaya pencegahan, penyebaran dan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I termasuk juga pada penerapan _Social_ atau _Physical Distancing_, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh tidak hanya bagi penumpang tetapi juga bagi mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di bandara.

“Kami terus memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti _Counter Check In_, _Trolly_, _Self Check In Machine_, SCP (_Tray & _X Ray_), Toilet, _Boarding Pass Scanner_, _Hand Rail_, _Armchair_ dan lain sebagainya di bandara. Kami melakukan pembersihan secara intens & berkala menggunakan desinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan,” kata Heru .

Sedangkan kepada petugas operasional Bandar Udara Internasional Juanda yang bertugas, diwajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau _hand sanitizer_ di area-area terminal.

Selain itu untuk pelaksanaan _Physical Distancing_ kami telah melakukan pengaturan jarak antrian minimal 1,5 meter pada area _Check In_, _Security Check Point_, Imigrasi, _Boarding Lounge_, Garbarata, area _Baggage Claim_ serta area tunggu transportasi publik.

“Pelakasanaan Protokol Kesehatan _The New Normal_ sesuai pedoman merupakan komitmen Bandara Juanda untuk memberikan suatu rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang jasa bandara dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Heru.

Selama periode Posko Terpadu Covid-19 di Bandar Udara Internasional Juanda, untuk bulan Mei hingga tanggal 28 Mei jumlah pergerakan pesawat yaitu sebanyak 627 _flight_ domestik dan 25 _flight_ internasional (penerbangan repatriasi).

Kemudian jumlah penumpang yang telah dilayani sebanyak 14.016 penumpang domestik dan 1.113 penumpang internasional (penerbangan repatriasi), serta jumlah pengiriman kargo domestik sebesar 1. 507.366 Kg dan internasional 164.437 Kg.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *