Ratusan Warga Empat Desa di Kecamatan Krian Terima Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Ratusan warga dari empat desa se Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo yakni Desa Sedengan Mijen, Tropodo, Katerungan dan Jeruk Gamping berbondong bondong mendatangi kantor Pemdes Sedengan Mijen, Krian pada Rabu (20/5/2020) pagi. Kehadiran mereka tersebut untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dicairkan hari itu oleh Dinas Sosial Sidoarjo.

Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah program dari Kementerian Sosial RI guna meringankan beban ekonomi warga yang terdampak Covid-19. Besaran nominal yang dicairkan sama dengan jumlah BLT yakni sebesar Rp 600 ribu untuk tiga tapahan bulan.

“Bantuan ini murni dari Dinas Sosial kepada warga terdampak Covid-19. Bukan dari Dana Desa seperti halnya BLT,” kata M Hasanuddin Kades Sedengan Mijen.

Dari data Dinsos Sidoarjo, jumlah warga penerima bantuan kali ini sebanyak 157 orang (Sedengan Mijen), 119 (Tropodo), 117 orang (Jeruk Gamping) dan 84 orang (Katerungan). Data tersebut didapat setelah sebelumnya dilakukan verifikasi dan validasi data bersama Pemdes yang warganya akan menerima.

Dari pantauan, semua warga penerima BST sangat antusias. Seperti Sulianah misaknya, warga Desa Tropodo itu merasa terbantu dengan BST tersebut.

” Jujur saya senang menerima bantuan BST ini. Mengingat makin turunnya penghasilan kami dari jualan sayur di pasar akibat pandemi Corona dan diberlakukannya PSBB di pasar tempat kami jualan,” ucapnya.

Namun sayangnya, kegiatan sosial itu tidak disertai dengan langkah protokoler kesehatan. Terlihat dari banyaknya warga yang bergerombol berdekatan tanpa mengindahkan jarak atau physical distancing. Satu hal yang bisa memberi peluang merebaknya penyebaran virus corona yang tanpa disadari mungkin hadir ditengah mereka saat itu. (SIGIT)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *