Kapal Selam Siluman Gotland Class A26 Buatan Swedia Ini Bikin Prabowo Subianto Kepincut

Bagikan Berita Ini:

Lensanasional.co.id – Meski TNI AL telah memiliki Alugoro, kapal selam buatan PT PAL namun Prabowo Subianto Menteri Pertahanan yang paling populer di kabinet Jokowi sempat tertarik dengan sosok kapal selam buatan Swedia, Gotland Class A26. Mengapa? Kapal selam itu memiliki kemampuan tinggal di kedalaman laut dalam waktu lama (18 hari).

Selain itu, meski bukan jenis kapal selam nuklir, A26 dijuluki kapal selam bertenaga diesel listrik tercanggih di dunia. Bermesin minim suara dan berteknologi GHOST atau teknologi siluman dimana semua material dan kontur luar dalamnya disesuaikan meminimalisir pantulan suara.

“Kapal selam ini punya sistem Kockums Stirling AIP (Air Infependent Propulsion) serta teknologi stealth terbaru yang diberi nama GHOST (Genuine Holistic Stealth). Hal itu yang membuatnya tak terdeteksi saat berada dibawah air,” kata Anders Dahl, Vice President Head of Saab Indonesia.

Sebagian besar gelombang suara yang mengenai lambung A26 akan diserap lalu pada bagian internalnya juga dipasangi karet peredam suara pada tempat-tempat penghasil banyak suara seperti di ruang mesin.

Fakta menarik tentang kapal selam A26 ketika latihan gabungan antara AL Swedia dengan AL Amerika Serikat pada 2005-2007 silam.

“Saat itu kapal perang AL AS tak mampu mendeteksi keberadaan kapal selam A26. Padahal mereka mengerahkan kapal selam nuklir kelas Ohio,” ujar Anders Dahl. (red02)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *