IkA UA Cabang Sidoarjo Memperingati HUT Yang Pertama

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika UA) Cabang Sidoarjo kembali menggelar kegiatan bakti sosial. Bakti sosial kali ini untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Ika UA Sidoarjo yang pertama.

Selain itu, kegiatan ini lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Selain menggelar bakti sosial pengobatan massal, juga akan digelar talk show yang menghadirkan para pembicara yang berkompeten di bidangnya.

Talk show yang diangkat kali ini adalah anti narkoba dan stunting. Tema yang diusung adalah Memantapkan Generasi Milenial yang Unggul , Sehat, dan Bebas Narkoba.

Seluruh kegiatan acara ini diadakan di Warung Galena, Jalan Banjarpoh, RT 12 RW 06, Banjerbendo, Sidoarjo. Acara ini akan dimulai pada hari Minggu (19/1).Pagi

“Acara HUT I Ika UA Sidoarjo sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai alumni Univeristas Airlangga yang berada di Sidoarjo dan sekitarnya, kami merasa terpanggil untuk mengadakan bakti sosial ini,” ungkap Ketua Ika UA Sidoarjo Winaryo.

Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih turut hadir juga,sedangkan membuka acara ini adalah Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Ika UA Haryanto Basoeni didampingi Sekjen PP Ika UA Budi Widajanto.

Sedangkan acara talk show stunting dibuka oleh Kepala BKKBN Jawa Timur Yenrizal Makmur. Acara ini juga didukung oleh RS Bhayangkara Pusdik Shabara, Porong, SIdoarjo. RS ini memiliki program Mobile Medical Care (MMC) yang akan diturunkan dalam bakti sosial ini.

Sedangkan pemeriksaan darah di-support oleh Klinik Ultra Medika. Acara ini juga disiarkan Radio FM Suara Sidoarjo pada hari Sabtu (18/1) pukul 15.00-16.00 WIB.

Winaryo yang sehari-hari berpraktik sebagai dokter gigi ini menyatakan, meski baru setahun usia organisasi yang dipimpinnya, namun sudah banyak kiprah yang dilakukan.

Di antaranya melakukan penanaman 2.000 pohon bekerja sama dengan dinas-dinas yang ada di Pemkab Sidoarjo. Selain itu, pernah mengadakan perawatan gigi, pengobatan umum, pemeriksaan mata hingga pembagian takjil gratis saat bulan Ramadan.

“Semuanya kami kali lakukan dengan gratis untuk masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya,” tukasnya. Pria yang ramah dan murah senyum ini berharap kegiatan bakti sosial dan talk show ini gaungnya bisa meluas.

Baik dari jumlah peserta maupun wilayah cakupannya. Pihaknya berencana akan menggelar acara ini secara periodik.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Bakti Sosial HUT I Ika UA Sidoarjo, Izzatul Aini menyatakan, bakti sosial kali ini akan diisi dengan pemeriksaan kesehatan umum, gigi, dan mata.

Selain itu, ada pemeriksaan darah acak, tes urine narkoba, dan deteksi dini kanker serviks. Sedangkan talk show-nya membahas stunting dan penanganan narkoba.

“Untuk menghibur peserta, kami menghadirkan band dan Ludruk Opera Van Darjo yang semua pemainnya adalah alumni Universitas Airlangga,” katanya.

Menurut wanita yang juga berprofesi sebagai pengusaha dan dokter gigi ini, bakti sosial ini ditujukan kepada masyarakat yang kurang beruntung. Setidaknya sekitar 300 orang akan menghadiri acara pengobatan massal ini.

Pengobatan massal ini juga tak hanya berhenti disitu saja. Panitia juga akan memberikan rujukan kepada puskesmas, rumah sakit, maupun fasilitas kesehatan lainnya untuk tindakan pengobatan lanjutan. “Ini sudah kami koordinasikan sehingga pengobatan bisa tuntas,” imbuh Ning Aini, demikian panggilan akrabnya.

Aktivitas Ika UA Sidoarjo memang terbilang cukup padat. Disela-sela kesibukan para anggotanya, mereka menyempatkan diri berkumpul dan bermain musik bersama.

Selama ini organisasi ini juga menggelar siaran rutin tiap hari Sabtu pagi di Radio FM Suara Sidoarjo dengan berbagai tema terkini pada pukul 09.00-10.00.

Ika UA Sidoarjo juga pernah berpartisipasi aktif memeriahkan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-160 tahun pada Minggu (24/3), tahun 2019 lalu. Bentuk nyatanya adalah menjadi peserta Delta Carnival 2019 dan berhasil meraih juara III.

Pada Sabtu (15/11) 2019 lalu, Ika UA Sidoarjo mendapat kepercayaan untuk tampil di acara HUT Ika UA ke-47 dan Dies Natalias Unair ke-65. Mereka tampil dalam Sendratari Prabu Airlangga di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Surabaya.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *