DPD Perbarindo Jatim Gelar Workshop Aplikasi Hak Tanggungan Electronic (HTE) Online

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – DPD Perhimpunan Bank Penkreditan Rakyat Indonesia Jawa Timur (Perbarindo Jatim) bekerjasama dengan BPN dan DPP Perbarindo menggelar Workshop Aplikasi Hak Tanggungan Electronic (HTE) Online dan Implementasi GCG Manajemen Risiko BPR/BPRS di Luminor Hotel, Jl. Raya Jemursari No. 206-208, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

Menurut Ketua DPD Perbarindo Jatim, Sujatno mengatakan, agenda kali ini merupakan penandatanganan nota kesepahaman antara DPD Perbarindo Jatim dengan Kanwil BPN Jatim.

Ada pun bentuk kerjasama yang berkaitan dengan pengikatan hak tanggungan secara elektronik. Fungsinya untuk kepastian hukum, juga mengemban tugas perbankan yang menghimpun dana masyarakat dan disalurkan kembali secara kredit.

Sehingga dengan inovasi ini mampu menciptakan kesejahteraan rakyat. Dengan catatan legal formal yang kita tingkatkan. Sebagaimana ini cara yang efektif dan efisien, memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan rakyat,” ujarnya saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan. Selasa, (14/1/2020).

Secara teknisnya, gambaran secara umum setiap BPR, harus memiliki akun, kemudian memasukan data untuk memenuhi syarat hak tanggungannya. Ini fasilitas yang kita telurkan agar kepastian hukum tanah yang diimbuhi dengan sertifikat mempermudah proses pendaftaran tanah secara lengkap,” papar Pemegang Saham BPR Ekadharma Bhinaraharja, Kawedanan, Magetan ini

Kepala Kantor Pertanahan Wil. Jatim, Heri Santoso mengatakan, hari ini fihaknya menandatangani nota kesepahaman antara BPN Jatim bersama Perbarindo Jatim yang dihadiri oleh Ketua DPP dan DPD Jatim.

Sosialisasi hari ini adalah mengenai hak tanggungan secara elektronik “Jadi hak tanggungan secara online, itu untuk setiap kantor BPR itu harus mendapat nomor akun, itu adalah sebagai syarat utama untuk melaksanakan kegiatan pemasangan hak tanggungan secara online bersama PPAT.

Di antara PPAT perbankan dalam hal ini BPR Jatim bersama BPN,” ujarnya. Dia menambahkan, Di tahun 2020 ini Kantor Pertanahan Jatim melayani secara online, hari ini di samping sosialisasi, kami bersama seluruh BPR Jatim, diikuti 330 orang, “Ini adalah pembelajaran mengenai aplikasi, bagaimana dengan aplikasi nanti akan didapatkan nomor akun di setiap kantor BPN,” tambahnya.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *