Statement Anggota DPD-RI Ini Rawan Munculkan Perpecahan Umat Hindu Bali

Bagikan Berita Ini:

Lensanasional.co.id – Statement salah seorang anggota DPD-RI dari Dapil Bali yakni Arya Weda Karna dinilai kalangan tokoh Hindu Bali telah kelewatan dan melampaui batas.

Hal itu terlihat dalam tayangan video saat Arya Weda Karna berorasi dihadaoan publik dengan nada berapi api. Terkesan melecehkan wangsa Brahmana. Salah satu wangsa yang paling dihormati di Bali.

Spontan komentar langsung bermunculan menanggapi hal tetsebut. Rajs Parikesit misalnya. Dalam akun medsosnya, Raja memprotes keras pernyataan Arya. Dirinya menampik bahwa wangsa Brahmana gila hormat.

“Wangsa Brahmana Warih Ida Betara Sakti Wawu Rauh Dhang Hyang Nirartha tak prrnah minta disebut “Surya” agar terhormat. Itu semua ada karena rasa bakti mereka (masyarakat) kepada Wangsa Brahmana sejak jaman leluhur”, ucap Raja Parikesit.

Seluruh wangsa Brahmana di Bali, lanjut Raja, merasa risih dan tidak nyaman dengan statement Arya Weda Karna tersebut.

Hal senada juga dilontarkan oleh Ida Ayu Prawita Arga. “Orangtua saya sebagai Ida Sulinggih memiliki banyak saudara dan sahabat dari wangsa Sudra. Namun tidak pernah ada jarak antara kami. Semua kami anggap saudara. Lalu mengapa Arya semudah itu berstatement?”, ucap Ida Ayu kepada wartawan Lensanasiobal.co.id, Jumat (10/1/2020) via phone.

Menurut wanita yang pernah maju dalam Pilcaleg 2019 itu, pernyataan Arya Weda justru memutar balikkan fakta. “Mereka sendiri yang berkoar koar bahwa wangsa Brahmana anti wangsa lain. Padahal realitanya tidak seperti itu,” tutur wanita yang akrab disapa Dayu itu.

“Disini juga harus dibedakan pengertian antara wangsa dan kasta. Wangsa berasal dari keturunan. Kasta berdasarkan jabatan seseorang. Saya nilai Arya Weda tidak paham konsep Hindu Bali,” tandasnya.

Sosok Arya Weda Karna sendiri tergolong kontroversial. Pria bernama lengkap Shri I Gusti Ngurah Arya Weda Karna terpilih menjadi anggota DPD-RI dengan raihan suara 178.943.

Selain mengumumkan diri sebagai Raja Majapahit Bali, Arya Weda juga diketahui sebagai tokoh dibalik gagalnya ceramah Ustadz Abdul Somad pada waktu lalu. (red-hans)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *