Proyek Plengsengan Sungai Desa Grabagan Dipastikan Rampung Dua Minggu Lagi

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Pengerjaan proyek plengsengan sungai Kedung Uling di wilayah Desa Grabagan Kecamatan Tulangan telah mencapai tahap akhir. Usai dikerjakan oleh CV Permata Land yang ditunjuk oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo.

Sungai Kedung Uling yang melintasi Desa Grabagan sisi selatan tergolong sungai besar. Memiliki lebar sekitar 15 meter dan bila musim hujan tiba, ketinggian air bisa mencapai 5 meter dari dasar sungai.

Sementara lokasi yang digarap oleh CV Permata Land tersebut merupakan titik rawan erosi sebab terletak di posisi menikung yang berpotensi makin menggerus pinggiran sungai ketika debit air meninggi pada musim hujan.

“Kami sudah melakukan penguatan pada beberapa bagian seperti membuat skur di setiap 3 meternya dengan lebar plengseng 50 cm,” tutur Kholiq, kontraktor CV Permata Land saat ditemui Lensanasional.co.id di lokasi, Senin (19/11/2019).

Plenseng yang digarap Kholiq tersebut sepanjang 87 meter persis di tepi jalan penghubung Desa Grabagan dan Kepuh Kemiri dengan pekerja 13 orang yang telah berpengalaman dalam menggarap proyek serupa di berbagai sungai besar.

“Insya Allah kami targetkan dua minggu lagi rampung,” terang Kholiq. Menurutnya pula, selama pengerjaan telah menghabiskan 350 zak semen. (sigit)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *