Ada Pasukan Majapahit Di Pawai Budaya Desa Seketi Balongbendo

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Pemerintah Desa Seketi Kecamatan Balongbendo tidak tanggung tanggung berupaya menjadikan desanya sebagai destinasi wisata kerajinan bambu Bentuk keseriusan itu terlihat dalam gelaran pawai budaya yang dihelat Sabtu siang (9/11/19).

Ratusan peserta pawai tampil total dengan kostum ala Majapahit. Berangkat dari situs Seketi menuju kantor Pemdes sejauh dua kilometeran. Teriknya mentari siang tak menyurutkan semangat mereka.

Hadir pada kegiatan budaya tersebut, Saifulillah Bupati Sidoarjo. Dalam sambutan singkatnya, Saifulillah meminta pawai budaya Seketi diikutkan dalam event pawai hari jadi Kabupaten Sidoarjo.

“Kalau bisa pawai budaya seperti ini ikut tampil saat perayaan hari jadi Kabupaten yang biasa di gelar di alun alun,”ucap Saiful.

Sementara itu, Seger Purwanto Kades Seketi menerangkan bahwa pawai budaya itu sebagai upaya lebih mengenalkan Desa Seketi sebagai desa sentra kerajinan bambu di Sidoarjo.

“Sejarahnya Seketi sebagai penghasil kerajinan dari bambu telah dimulai sejak 1930-an dengan produk andalan tampah. Saat ini kami bersama warga kompak bulat akan mengagendakan rutin tiap tahunnya acara pawai dan pagelaran budaya seperti ini sebagai ajang promosi ke masyarakat luas tentang sentra kerajinan bambu kami,” terang Seger kepada wartawan.

Sehari sebelumnya, telah diselenggarakan Sarasehan Budaya yang diikuti para pegiat seni dan budaya di pendopo kantor Pemdes. (sigit)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *