Kementerian Hukum Dan HAM Kanwil Jawa Timur Gelar Disemenasi Bagi Warga Negara Asing

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Kantor wilayah jawa Timur Mengelar Diseminasi Keimigrasian ,Kewarganegaraan,kependudukan,dan ketenagakerjaan bagi warga negara asing di Hotel Graden Place Surabaya,(22/10) Pagi.

Dalam sambutan Dr. Susy Susilawati, SH., MH.Kanwil Jawa Timur mengatakan kegiatan ini sangat penting mengingat saat ini lalu lintas orang asing yang masuk dan keluar wilayah Indonesia khususnya Jawa Timur ini cukup tinggi.

Saya memiliki data terakhir untuk tahun 2018 jumlah warga negara asing yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda sebanyak 2.2018.679 orang kemudian tahun 2019 sampai bulan September ada 1.87437 artinya terus-menerus meningkat ini baru sampai bulan September sudah sampai 1.87437 tentunya idealnya dan sesuai dengan undang-undang orang asing yang masuk ke Indonesia tentu saja diharapkan memberi dampak positif kepada Indonesia dan pada dasarnya sebetulnya orang yang asing yang masuk ke Indonesia itu sebetulnya wajib memiliki visa atau dikecualikan dibebaskan memiliki visa sesuai dengan Perpres nomor 21 tahun 2016.

Maka tentu saja seperti sebelumnya yang masuk ke Indonesia diharapkan memberi dampak positif namun ada kalanya yang masuk ke Indonesia pun ternyata memberi kontribusi yang negatif karena apa karena tidak semua warga negara asing yang masuk ke Indonesia itu kemudian mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia sehingga banyak permasalahan yang muncul.

Diantaranya adalah penyalahgunaan izin tinggal kemudian overstay kemudian pemalsuan paspor pemalsuan pemalsuan surat surat serta pemalsuan e-ktp kemudian pemalsuan buku nikah kawin kontrak kemudian tppo atau tindak pidana perdagangan orang terorisme narkoba cyber crime cyber terrorism dan lain-lainnya.

Permasalahannya memang niatnya mau melanggar hukum atau mungkin karena tidak tahu berbagai peraturan yang ada di Indonesia.

Makanya pada hari ini kami melalui kantor imigrasi kelas 1 Surabaya ini kemudian melaksanakan kegiatan ini untuk menyampaikan berbagai informasi terkait dengan berbagai peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia baik itu undang-undang tentang keimigrasian ketenagakerjaan tentang kependudukan dan lain.

Sebagainya supaya kedepannya tidak tidak ditemukan lagi orang asing yang kemudian melangkah aturan-aturan dikarenakan ketidaktahuan aturan-aturan yang ada di Indonesia.

Kalau memang tidak tahu maka memang kewajiban kami untuk kemudian menginformasikan berbagai peraturan perundang-undangan tersebut tetapi kalau niatnya memang niatnya memang mau melanggar hukum menyalahgunakan peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia apakah tentu saja berhadapan dengan tindakan administrasi keimigrasian ataupun tindakan hukum lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Barlian Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI surabaya menyatakan kegiatan diseminasi ini merupakan salah satu program dari kantor ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pengguna tenaga kerja asing.

Intinya supaya masyarakat dan penggunaan cara kerja asing itu mengerti tentang peraturan-peraturan yang sedang dilaksanakan ini ada sebagian tadi sudah saya sampaikan itu ada peningkatan kemarin tahun 2018 Tuh kan ada sekitar 200 tenaga orang asing yang disebut tenaga kerja yang kita laksanakan tindakan Jurassic imigrasian sekarang ini bulan ini sampai September ini sudah 231 hari sudah ada kenaikan 3%.

Tugas kita itu adalah memang menjaga pintu gerbang negara menjaga kedaulatan negara hal-hal yang sudah apa namanya istilahnya kita inginkan dari anasir-anasir asing.

Kita harapkan temen-temen mengerti tentang aturan-aturan bagaimana menggunakan tenaga kerja asing atau mereka yang biasa mendatangkan orang asing supaya jangan sampai terjadi pelanggaran pelanggaran yang berakibat hukum yang dilakukan oleh mereka itu.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *