BPR Delta Artha Kembali Cairkan Kredit UMKM Tanpa Jaminan di Desa Kraton, Krian

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Delta Artha Sidoarjo kantor cabang Krian kembali melakukan pencairan kredit tanpa jaminan kepada masyarakat Desa Kraton Kecamatan Krian pada Jumat (27/09/2019) siang.

Bertempat di pendopo kantor Pemdes setempat, pencairan kredit bersistem tanggung renteng tersebut mampu menarik minat sebanyak 27 orang pelaku UMKM warga Kraton.

Menurut Agung Winoto, Kepala Cabang BPR Delta Artha Krian, sebagai lembaga keuangan milik Pemkab Sidoarjo pihaknya membuat program tersebut sebagai bentuk kepedulian membantu masyarakat Sidoarjo terutama yang bergerak di bidang kewirausahaan (UMKM) di wilayah pedesaan.

“Dan, dalam pinjaman kredit UMKM kelompok tanpa jaminan ini kami terapkan sistem tanggung renteng. Artinya, masing masing peminjam mempunyai ketua kelompok. Apabila ada anggota yang tak mampu lagi melunasi atau bermasalah maka hal itu menjadi tanggung jawab ketua kelompok bersama anggota yang lainnya,” terang Agung Winoto.

Menurutnya lagi, apabila pelunasan angsuran pinjaman berjalan baik pihaknya tak segan untuk memberikan bantuan pinjaman lagi dengan nominal lebih besar.

“Sebagaimana tahap pertama lalu didesa ini juga yang berjalan lancar, maka di tahap kedua ini kami kembali berikan bantuan pinjaman sebesar maksimal Rp 7,5 juta. Lebih besar dari yang dulu yakni Rp 5 juta,” tuturnya kepada Lensanasional.co.id.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Plt Kades Kraton tersebut disambut antusias oleh para pelaku UMKM Desa Kraton. Seperti Asmujah (40tahun) misalnya, warga Dusun Parengan, Kraton itu mengaku terbantu dengan kredit yang diberikan BPR Delta Artha.

“Alhamdulillah, warung nasi saya makin berkembang berkat pinjaman kredit dari BPR Delta Artha. Dengan sistem tanggung renteng ini pada tahap kedua ini saya berani ajukan kredit lagi,” ucap Asmujah.

BPR Delta Artha cabang Krian telah bergerak dan melangkah menawarkan bantuan modal kredit tanpa jaminan. Tinggal bagaimana kini para Kades berani memfasilitasi warganya yang pelaku UMKM agar ikut merasakan program BPR Delta Artha itu. Ataukah membiarkan pelaku UMKM di desanya terjerat lilitan bank cuilan?

Sebagai catatan, BPR Delta Artha cabang Krian telah beberapa kali menjalin kerjasama dengan sejumlah Pemdes terkait program tersebut. Hasilnya? Sangat positif dan disambut antusias oleh para pelaku UMKM pedesaan. (sigit)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *