Eksepsi Dewan Pers Ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Insan Pers Sambut Gembira

Bagikan Berita Ini:

Lensanasional.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah memutuskan menerima permohonan banding dari para pemohon dan membatalkan Putusa Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 235/Pdt.G/2018/PN Jkt Pst

Dalam putusan banding atas gugatan yang diajukan oleh Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Wilson Lalengke dan Ketua Umum Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Hence Mandagi juga disebut tegas bahwa eksepsi Dewan Pers yang disampaikan di pengadilan tingkat pertama dinyatakan ditolak oleh Majelis Hakim Banding.

Kedua organisasi pers itu menggugat Dewan Pers atas perbuatan melawan hukum. Pengadilan Tinggi DKI juga menyatakan eksepsi tergugat (Dewan Pers) tidak dapat diterima.

“Dengan tidak diterimanya eksepsi tergugat, maka Dewan Pers tak bisa lagi menganggap lembaganya memiliki kewenangan untuk membuat peraturan peraturan tentang pers,” ujar Dolfi Rompas kuasa hukum pembanding.

Di sisi lain, menanggapi putusan tersebut, Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke mengatakan keputusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta itu sejatinya telah memberikan harapan baru bagi insan pers tanah air.

“Permohonan banding kita telah dimenangkan dan itu bukti peraturan Dewan Pers tak mengikat bagi seluruh wartawan,” kata Lalengke.

Sudah saatnya, lanjut Lalengke, seluruh kekuatan pers Indonesia bersatu kembali untuk menyelesaikan permasalahan pers yang sangat besar ini.

Sementara itu, Ketua Umum SPRI, Hence Mandagi mengaku lega atas putusan banding tersebut. “Hari ini kemerdekaan pers yang kita perjuangkan bersama ribuan wartawan dari seluruh Indonesia telah didengar Majelis Hakim Pengadilan Tinggi,” ucapnya (13/9). (red)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *