Sekilas Tentang Pesantren Jampes Kediri

Bagikan Berita Ini:

Kediri – Meski tak terlalu besar dan megah, Pesantren Jampes yang terletak di Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kediri ini sejak dulu dikenal memiliki keistimewaan tersendiri. Mengingat bahwa kriteria besar tidaknya pesantren bukan dilihat dari banyak tidaknya santri. Namun, ditentukan oleh kualitas Kiai dan santrinya.

Keistimewaan pesantren Jampes ini karena keberadaan Kiai Dahlan. Seorang kiai yang dianggap sebagai ulama wali yang mempunyai ilmu laduni.

Selain itu, juga ada sosok Kiai Ihsan putra Kiai Dahlan yang dikenal sebagai pujangga besar dengan karya tulisnya di beberapa kitab yang dikagumi dunia Islam.

Karya tulis Kiai Ihsan yang fenomenal tersebut yakni Kitab Siraj at Thalibin. Merupakan penjelasan dari Kitab Minhaj al Abidin karya Imam Ghazali.

Kitab Siraj ath Thalibin atau Sirajut Talibin merupakan satu satunya kitab syarah atau teks Minhajul Abidin yang hingga kini banyak dicetak oleh penerbit di Timur Tengah sebagai bahan rujukan otoritatif dalam kajian bidang tasawuf dibanyak lembaga pendidikan dunia Islam.

Kiai Ihsan sendiri terlahir pada tahun 1901 di kampung Jampes desa Putih, Gampengrejo, Kediri dan wafat pada September 1952 dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di desa Putih. (sigit hand)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *