Kadis ESDM Jatim,Pasokan BBM Di Jatim Selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2019 Terkendali Aman

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan PLN di Jawa Timur selama bulan Ramadan hingga lebaran aman.

Sehingga ia meminta pada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan melakukan penimbunan.

Hal itu disampaikan Setiajit kepada wartawan di kantornya,Ia mengatakan pasokan elpiji, bensin, hingga solar di Jawa Timur cukup hingga lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang.

“Ketersediaan BBM insyaalllah Jawa Timur dalam posisi aman. Kita kemarin sudah koordinasi dengan Pertamina selalu koordinasi dengan kita tadi pagi bahkan meminta kepada Pertamina juga sosialisasi Kepada seluruh masyarakat penggunaan tabung gas yang tiga kiloan itu itu kan banyak terjadi persoalannya di warung-warung kecil maupun di rumah tangga rumah tangga yang menengah ke bawah itu seringkali terjadi dan bulan puasa Ini jangan sampai ada kelangkaan saat Ramadhan di Jawa timur.ucap Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim.

Berdasarkan data yang ada di Provinsi Jawa Timur total suplai BBM dirinci berdasarkan jenisnya.

Untuk jenis premium di Jawa Timur tersedia suplai sebanyak 223.532 kilo liter. Sedangkan untuk solar stoknya mencapai 196.924 kilo liter, lalu untuk biosolar ada sebanyak 8.606 kilo liter, untuk pertamax suplainya sebanyak 201.912 kilo liter dan untuk pertamax turbo sebanyak 4.776 kilo liter.

Lalu untuk suplai BBM jenis dex sebesar 5.914 kilo liter. Meski penggunaan BBM selama bulan puasa dan lebaran dipresiksi ada kenaikan sebesar 5-15 persen dengan stok suplai tersebut dikatakan Kadis ESDM Jatim, untuk Jawa Timur masih aman dan dijamin tidak ada kelangkaan BBM.

Begitu juga dengan suplai gas elpiji. Berdasarkan data dari Pemprov Jawa Timur saat uni untuk suplai elpiji ada sebesar 119.200 matric ton dengan penyaluran per hari 3.820 hingga 4.340 matric ton.

“Karenanya kita tidak ingin masyarakat terjadi kepanikan lalu melakukan penimbunan. Insyaallah pasokan BBM juga tersedia aman hingga lebaran, maka jangan ada penimbunan,” ucapnya.

Di sisi lain Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Setiajit menyatakan untuk ketersediaan BBM di Jawa Timur di bulan puasa hingga lebaran sudah terkendali. Dari data ketersedian suplai BBM tersebut diatas menurut Setiajit sudah termasuk antisipasi kenaikan kebutuhan rata-rata masyarakat Jawa Timur.

“Biasanya di bulan ramadhan hingga lebaran penggunaan BBM memang meningkat antara 5 hingga 15 persen. Untuk operasional kendaraan dan juga untuk memasak menggunakan elpiji. Ketersediaan Jawa Timur selama ramadhan dan idul fitri insyalllah siap sehingga apa yang diharapkan masyarakat bisa tersedia termasuk yang di kepulauan kami berharap tidak sampai terjadi kelangkaan,” kata Setiajit.(TH)


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *