Ada Pertunjukan Barongsai di Acara Ruwat Desa Kedung Wonokerto, Prambon

Bagikan Berita Ini:

Sidoarjo – Tidak seperti desa lainnya, gebyar acara ruwatan desa di Kedung Wonokerto Kecamatan Prambon dimeriahkan karnaval budaya, bantengan dan barongsai.

Antusiasme masyarakat di desa yang dipimpin oleh Kades Dwi Fitri Astuti tersebut sangat tinggi. Terbukti seluruh RT yang ada di desa itu turut tampil berkarnaval ria dengan aneka dandanan unik (28/4/2019).

Dilepas oleh Ainun Amalia, Camat Prambon peserta karnaval yang pertama kali diberangkatkan adalah rombongan jajaran pemerintah desa yang siang itu tampil berkostum ala wayang orang.

Dan, yang paling menarik dari acara tersebut adalah penampilan group Barongsai. Tampil sejenak sebelum diberangkatkan, mereka unjuk gigi memamerkan kebolehan dihadapan Bu Camat dan para penonton.

“Mereka sengaja kami datangkan dari kelenteng Krian untuk memeriahkan acara ruwat desa ini,”tutur Retno salah seorang anggota BPD Desa Kedung Wonokerto. “Selain itu kami memang sengaja ingin tampil beda di acara ruwat desa tahun ini,” tambahnya.

Namun pendapat lain muncul dari Sugianto (nama samaran), warga Desa Kedung Wonokerto. Menurutnya, penampilan barongsai tersebut tidak cocok dengan tradisi ruwatan desa. ” Memang bagus dan menarik. Tetapi terasa kurang sesuai dengan hajatan seperti ruwat desa ini sebab tidak mencirikan hasil budaya leluhur sendiri,”ujarnya.

Pendapat boleh berbeda namun pelaksanaan acara budaya itu tetap berjalan. Usai karnaval, pada malam harinya di pendopo kantor Pemdes digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. (git)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *