Desa Cemeng Bakalan Gelar Wayang Kulit Ruwatan Desa

Desa Cemeng Bakalan Gelar Wayang Kulit Ruwatan Desa

Sidoarjo – Pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Kuswo Sikin menjadi penanda acara ruwatan desa di Cemeng Bakalan Kecamatan Sidoarjo Kota (26/04/2019).

Dalang asal Sumobito Jombang tersebut pada malam itu mengambil lakon ” Wahyu Sandang Pangan ” sebagaimana permintaan pemimpin desa yakni Samsul Huda.

Dalam pandangan Samsul Huda, Kades Cemeng Bakalan pemilihan lakon pada gelaran wayang kulit ruwatan desa sangat pas dengan kondisi desa yang dipimpinnya.

“Lakon itu memiliki makna bahwa sandang pangan yang berarti pula kemakmuran akan diturunkan atau diberikan oleh Sang Maha Pencipta kepada mereka yang siap bekerja keras dan tidak mudah patah semangat. Dan saya, memilih lakon itu karena selain seperti hal diatas juga memiliki arti filosofi yang dalam terlebih bagi saya dan jajaran perangkat desa dalam berkarya melayani masyarakat serta memajukan desa,” tutur Samsul Huda kepada Lensanasional.co.id.

Ruwatan desa di Cemeng Bakalan berlangsung sejak Kamis (25/04/2019) dengan agenda berupa doa bersama dan musik hadrah. Sedangkan pertunjukan wayang kulit adalah puncak dari rangkaian acara tradisi budaya di desa tersebut.

Samsul Huda juga menjelaskan bahwa tujuan ruwatan desa murni untuk melestarikan tradisi adat yang telah lama berkembang dalam masyarakat Cemeng Bakalan.

“Kita ambil nilai nilai positif nan luhur dari kearifan lokal pada tradisi budaya semacam ini sebagai panduan dalam hidup keseharian. Hidup bermasyarakat,” pungkas Samsul Huda. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *