Tumpeng Tempe Raksasa Setinggi 12 Meter Kembali Hadir Dalam Acara Ruwatan Desa Sedengan Mijen, Krian

Tumpeng Tempe Raksasa Setinggi 12 Meter Kembali Hadir Dalam Acara Ruwatan Desa Sedengan Mijen, Krian

Sidoarjo – Sebagaimana tahun sebelumnya, di bulan Ruwah dalam kalender penanggalan Jawa ini masyarakat dan jajaran Pemdes Sedengan Mijen Kecamatan Krian kembali tampil dengan gelaran spektakuler, tumpeng tempe raksasa setinggi 12 meter!.

Tampilan benda berbentuk piramida tersebut ditempeli dengan 3000 an tempe. Bila ditotal berjumlah sekitar 1 ton yang berasal dari sumbangan pengusaha tempe se Sedengan Mijen.

“Kami kembali menggelar tumpeng dari tempe di acara ruwatan desa tahun ini untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bila desa kami ini adalah sentra penghasil tempe,” tutur M Hasanuddin, Jumat (12/4/2019).

“Butuh waktu dua mingguan dalam proses pembuatan tumpengnya. Dan, tempelan tempe itu sumbangan dari pengusaha dan pengrajin tempe di desa kami ini,” imbuh Pak Kades Sedengan Mijen itu.

Bukan itu saja, perhelatan ruwatan desa yang digelar dilapangan desa tersebut menampilkan pula puluhan tumpeng kecil kreasi warga yang berisikan aneka hasil bumi berupa buah dan sayuran.

Masih menurut M Hasanuddin, kegiatan ruwat desa tersebut telah berlangsung ke sembilan kalinya. Selain dimaksudkan mengangkat destinasi wisata budaya desa juga sebagai upaya pelestarian warisan budaya leluhur agar tetap tercipta keguyuban, kebersamaan dan gotong royong antara sesama warga.

Turut hadir pada kegiatan budaya tersebut, Agus Maulidy Camat Krian dan Djoko Supriyadi Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo serta jajaran Forkopimka Krian berikut anggota DPRD Sidoarjo, Syaiful Ma’ali dari Fraksi PKB. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *