Pertunjukan Wayang Kulit Warnai Acara Sedekah Bumi di Kepunten, Tulangan

Pertunjukan Wayang Kulit Warnai Acara Sedekah Bumi di Kepunten, Tulangan

Sidoarjo – Upaya melestarikan budaya warisan leluhur juga dilakukan oleh masyarakat Desa Kepunten Kecamatan Tulangan. Hal itu diwujudkan dalam bentuk pagelaran kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk yang digelar di pendopo kantor desa dengan menampilkan dalang kondang, Ki Yohan Susilo yang malam itu mengambil lakon “Wahyu Sapto Rojo”

Sedekah bumi atau ruwatan desa di Kepunten tersebut ternyata baru dua kali diselenggarakan tiap tahunnya ketika bulan memasuki Ruwah dalam kalender penanggalan Jawa.

Sebagaimana diterangkan oleh Bambang Supriyadi, Kades Kepunten , “Kegiatan semacam ini telah dua kali kita selenggarakan sejak saya menjabat Kades. Sebelumnya tidak pernah sama sekali. Dan ternyata, sambutan masyarakat luar biasa. Ke depan, kita berharap acara seperti ini dapat terus terselenggara karena positif sekali. Demi menumbuhkan rasa guyub gotong royong diantara sesama warga sekaligus untuk melestarikan tradisi warisan nenek moyang kita,” ujar Bambang kepada Lensanasional.co.id.

Statement Pak Kades itu tidak keliru. Melihat dari banyaknya warga desa yang datang malam itu menunjukkan betapa upaya yang dilakukan Bambang Supriyadi bersama jajaran perangkatnya mendapat respons positif dari segenap warga Kepunten. Sebelumnya, pagi hari dilakukan doa bersama atau tasyakuran desa ditempat yang sama. (git)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *