Kedutaan Besar Inggris Bekerjasama Dengan Muhammadiyah Untuk Meningkatkan Kepasitas Guru Bahasa Inggris Di Surabaya

Kedutaan Besar Inggris Bekerjasama Dengan Muhammadiyah Untuk Meningkatkan Kepasitas Guru Bahasa Inggris Di Surabaya

Surabaya, 14 Maret 2019 -British Council dan Kedutaan besar lnggris melaksanakan program peningkatan kapasitas bahasa lnggris selama dua hari untuk para guru Muhammadiyah di Surabaya.

Program ini bertujuan untuk membantu guru menginspirasi siswa agar memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk menggunakan teknik dan materi pembelajaran interaktif.

Melatih para pengajar menciptakan efek ganda yang signifikan karena setiap guru memiliki dampak besar dalam proses pengajaran, sehingga siswa dapat belajar bahasa lnggris dengan Iebih mudah dan menyenangkan.

Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari kampanye English For Indonesia yang diprakarsai oleh British Council dan Kedutaan Besar lnggris untuk membantu Indonesia Iebih maju dan mendunia.

Kedua institusi telah bermitra dengan Muhammadiyah untuk mengintegrasikan materi pembelajaran bahasa lnggris yang canggih dari British Council ke EduMu aplikasi pendidikan digital Muhammadiyah.

Langkah selanjutnya adalah berkolaborasi dengan guru-guru Muhammadiyah agar mereka dapat memanfaatkan sumber belajar gratis dari para pakar bahasa lnggris internasional.

Materi belajar online British Council ini didesain untuk melengkapi proses belajar bahasa lnggris untuk semua tingkat melalui empat situs web yaitu: LearnEnglish Kids (untuk anakanak dan orang tua), LearnEnglish Teens (untuk remaja), LearnEnglish (untuk profesional dan mahasiswa), serta TeachingEnglish untuk guru yang berisi materi pendukung pengajaran dan pengembangan pedagogik. Sebanyak 320.695 masyarakat Surabaya telah mengunjungi salah satu dari keempat situs ini sepanjang tahun 2018.

Sebelumnya, program yang sama telah sukses dilaksanakan di Makassar untuk 30 guru Muhammadiyah yang berasal dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Di Surabaya, program yang merupakan bagian dari kampanye English for Indonesia ini akan melatih 30 guru Muhammadiyah dari berbagai wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Setelah Makassar dan Surabaya, edisi terakhir program peningkatan kapasitas lni akan dilaksanakan di Jakarta dan akan dilanjutkan dengan episode Training of Trainers (TOT) secara online yang dapat disimak melalui EduMu dan Facebook British Council lndonesia.

Selain bermitra dengan media, English for Indonesia telah berkolaborasi dengan sejumlah figur publlk, asosiasi guru, lnstitusi pemerintah serta berbagai organisasi kemasyarakatan Iainnya. English for Indonesia juga telah sukses melatih 100 guru bahasa lnggris dari 100 Dusat Belajar Bahasa lnggris di Kampung lnggris Pare di Kabupaten Kediri minggu lalu.

Semenjak peluncurannya, kampanye English for Indonesia berhasil mempermudah orang tua dalam mengajarkan bahasa lnggris kepada anak-anaknya di rumah pelajar dapat menguasai materi lebih awai dan tampil lebih unggui di sekolah melalui materi yang dirancang untuk menarik minat mereka; profesional berhasil meningkatkan prospek pekerjaan mereka karena dapat berlatih mempersiapkan wawancara kerja berbahasa lnggris di situs LearnEnglish; dan para guru dapat memberikan pelajaran yang lebih dinamis dan interaktif agar bisa memotivasi siswanya.

ini merupakan bukti nyata dari visi kampanye English for Indonesia: meningkatkan aksesibilitas untuk materi pembelajaran, pengajaran secara gratis dan berkualitas guna meningkatkan kemampuan bahasa lnggris. Kemampuan berbahasa lnggris yang baik dapat memperbaiki kualitas hidup orang Indonesia, dan membuat Indonesia lebih maju dan makmur.(TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *