9900 Siswa Dikmaba dan Dikmata Kodiklatal Jalani Orientasi

9900 Siswa Dikmaba dan Dikmata Kodiklatal Jalani Orientasi

Surabaya – (15/3) Usai dilantik dan diambil sumpah menjadi prajurit matra laut, sebanyak 900 siswa Dikmaba dan Dimata Angkatan 38 gelombang II Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) kini memasuki masa pendidikan dasar golongan lanjutan (Diksargolan) di Kodik-kodik sesuai dengan kejuruannya. Namun demikian, sebelum memulai pendidikan, mereka harus menjalani orentasi masuk Pendidikan Kejuruan. Masa orientasi ini, merupakan kesempatan bagi para prajurit siswa untuk mengenal instruktur, sarana prasarana pendidikan serta lingkungan sekolah, pusdik, dan kodik masing-masing. Pelaksanaan orientasi prajurit kejuruan pelaut dilaksanakan di Kodikopsla, prajurit Marinir di Kodikmar Gunung Sari dan yang kejuruan dukungan umum seperti kejuruan teknik, elektro, banmin dan Pomal di Kodikdukum.

Untuk pembukaan orientasi Kodikdukum dipimpin langsung Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan dilapangan Apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal. Sebanyak 183 siswa Kodikdukum ikut dalam masa orientasi tersebut. Hadir dalam pembukaan tersebut Wadan Kodikdukum, para Komandan Pusdik dijajaran Kodikdukum diantarnya Komandan Pusdiktek, Komandan Pusdikbanmin, Komandan Pusdiklek, Komandan Pusdikkes, Komandan Pusdikpomal dan Komandan Puspeknubika, selain itu hadir juga para Kabag dan Kama Kodikdukum Kodiklatal Dari 183 orang tersebut, akan disebar di lima Pusdik berbeda di bawah Kodikdumum diantaranya Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) mendidik siswa terbanyak yakni 80 orang. Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) 29 orang siswa, Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek) mendidik 49 orang siswa, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) mendidik 49 orang dan Pusdik Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) mendidik 15 orang siswa kejuruan Polisi Militer. Dalam kesempatan tersebut Dankodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menempuh pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Juanda sekaligus mengucapkan selamat datang di Kodikdukum Kodiklatal sebagi tempat pendidikan dasar golongan, kejuruan dan pengembangan profesi. Pamen melati tiga di pundak ini mengingatkan bahwa mulai saat ini para siswa akan menimba ilmu kejuruan dan profesi dibeberapa Pusdik dibawah Kodikdukum sebagai bekal dalam penugasan di tempat yang baru. Kepada para siswa, dirinya berharap agar selama menempuh pendidikan, para siswa mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan moral yang baik serta kesamaptaan jasmani agar bisa menyelesaikan pendidikan kejuruan tepat waktu. “kalian akan banyak dibekali dengan pengetahuan profesi sesuai dengan bidang kalian masing-masing, sehingga diharapkan nantinya benar-benar cakap dan trampil dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing,” tegas Pamen melati tiga di pundak ini.

Siswa Dikmaba dan Dikmata Kodiklatal Jalani Orientasi Kodiklatal, (15/3) Usai dilantik dan diambil sumpah menjadi prajurit matra laut, sebanyak 900 siswa Dikmaba dan Dimata Angkatan 38 gelombang II Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) kini memasuki masa pendidikan dasar golongan lanjutan (Diksargolan) di Kodik-kodik sesuai dengan kejuruannya. Namun demikian, sebelum memulai pendidikan, mereka harus menjalani orentasi masuk Pendidikan Kejuruan. Masa orientasi ini, merupakan kesempatan bagi para prajurit siswa untuk mengenal instruktur, sarana prasarana pendidikan serta lingkungan sekolah, pusdik, dan kodik masing-masing. Pelaksanaan orientasi prajurit kejuruan pelaut dilaksanakan di Kodikopsla, prajurit Marinir di Kodikmar Gunung Sari dan yang kejuruan dukungan umum seperti kejuruan teknik, elektro, banmin dan Pomal di Kodikdukum. Untuk pembukaan orientasi Kodikdukum dipimpin langsung Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan dilapangan Apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal. Sebanyak 183 siswa Kodikdukum ikut dalam masa orientasi tersebut.

Hadir dalam pembukaan tersebut Wadan Kodikdukum, para Komandan Pusdik dijajaran Kodikdukum diantarnya Komandan Pusdiktek, Komandan Pusdikbanmin, Komandan Pusdiklek, Komandan Pusdikkes, Komandan Pusdikpomal dan Komandan Puspeknubika, selain itu hadir juga para Kabag dan Kama Kodikdukum Kodiklatal Dari 183 orang tersebut, akan disebar di lima Pusdik berbeda di bawah Kodikdumum diantaranya Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) mendidik siswa terbanyak yakni 80 orang.

Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) 29 orang siswa, Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek) mendidik 49 orang siswa, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) mendidik 49 orang dan Pusdik Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) mendidik 15 orang siswa kejuruan Polisi Militer.

Dalam kesempatan tersebut Dankodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menempuh pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Juanda sekaligus mengucapkan selamat datang di Kodikdukum Kodiklatal sebagi tempat pendidikan dasar golongan, kejuruan dan pengembangan profesi. Pamen melati tiga di pundak ini mengingatkan bahwa mulai saat ini para siswa akan menimba ilmu kejuruan dan profesi dibeberapa Pusdik dibawah Kodikdukum sebagai bekal dalam penugasan di tempat yang baru.

Kepada para siswa, dirinya berharap agar selama menempuh pendidikan, para siswa mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan moral yang baik serta kesamaptaan jasmani agar bisa menyelesaikan pendidikan kejuruan tepat waktu. “kalian akan banyak dibekali dengan pengetahuan profesi sesuai dengan bidang kalian masing-masing, sehingga diharapkan nantinya benar-benar cakap dan trampil dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing,” tegas Pamen melati tiga di pundak ini .(TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *