Federasi Olahraga Masyarakat Gelar Olahraga Sepeda Sehat Di Hotel Elmi Surabaya

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia menggelar Olahraga sepeda sehat dengan start dan finis Hotel Elmi Surabaya Kamis (7/3/19).

Ketua Umum Formi, Hayono Isman mengatakan hari ini kegiatan masyarakat, olahraga masyarakat yang bersepeda alias Gowes. Jadi mereka adalah bagian yang penting dari olahraga rekreasi, olahraga masyarakat. Federasi itu sudah ada undang-undang ya no. 3 tahun 2015 tentang sistem keolahragaan nasional dimana ada 3 jalur pembinaan, 1- jalur pembinaan, 2- prestasi, ini Joni dan 3- olahraga rekreasi. Disinilah perannya Formi sebagai wadah berhimpunnya dari olahraga rekreasi masyarakat. Apakah itu komunitas, apakah itu areknisasi seperti jantung sehat, Bmx, hadang, egran, itu berhimpun di formi ujarnya.

Kegiatannya luar biasa, ditiap RT, RW, Ibu-ibu senam sebagai olahraga rekreasi, kemudian kegiatan car free Day itu olahraga rekreasi, olahraga masyarakat. Jadi Formi kita berusaha mendorong supaya tidak hanya masyarakat semakin sehat, tapi juga tidak kalah penting adalah guyub diantara masyarakat yang mungkin berbeda agama, suku, ras, tapi di olahraga itu kita tidak ada perbedaan, kita satu sebagai bangsa Indonesia katanya.

Insyaalloh bulan november ini ada yang namanya festival olahraga rekreasi nasional ke 5, yang memenangkan bising sebagai tuan rumah adalah Kalimantan Timur, ini Pon nya olahraga rekreasi masyarakat, disana tampil kegiatan mulai festival perlombaan exhibis jadi istilahnya perlombaan, bukan pertandingan, tidak ada perlombaan, apakah I Spoet. I sport itu adalah anak-anak muda yang main games, bahkan kemudian ada perlombaan sumpit, ini tidak hanya nasional, tapi bisa mengundang negara tetangga, di formas ini tidak kaku, kalau diadakan di kaltim ya bisa mengundang Brunai, Serawak. Kalau diadakan di Papua bisa mengundang Papua Newgueni, vanuatu, fiji, untuk ikut. Karena kita membangun persahabatan mulai olahraga tidak hanya bangsa Indonesia, terlebih bangsa lain terutama negara tetangga ucapnya.

Harapan saya sebagai ketum formi, kita ingin index kebugaran bangsa itu meningkat, karena sekarang index kita itu rendah, akibatnya sekarang banyak anak muda yang terserang penyakit jantung, kena penyakit gula, yang dulu itudimonopoli orang tua, sekarang menyerang anak-anak muda. Jadi saya ingatkan, anak atau putra putri Bapak Ibu, sekalian pinter, tapi di usia muda meninggal karena penyakit yang sebenarnya bisa dicegah, karena ini dikenal sebagai penyakit yang tidak menular, bisa dicegah, salah satunya melalui olahraga. Saya katakan tadi, olahraga murah, sakit mahal.

Saran buat masyarakat, tidak hanya sehat, bugar itu penting, kita tidak cepat merasa capai sdan kalau kita dalam kontes ketenaga kerjaan bugar itu tidak kalah produktivitasnya dengan pekerja_pekerja bangsa lain. Olahraga rekreasi itu murah, tapi bukan murahan.

Kepada sahabat sesama, sebangsa dan setanah air, saya ketum formi nasional, mengucapkan” Selamat Hari sepi” semoga selamat menyepi 2019, semoga kesunyian yang khusuk, kita mampu melakukan introspeksi berbagai hal dan nanti pada saatnya kita dapat meningkatkan kemampuan sebagai pribadi, sebagai masyarakat, sebagai bangsa MEMBANGUN NKRI tutur Hayono Isman.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *