Sebanyak 500 Sertifikat Tanah Diserahkan Kepada Masyarakat Sedengan Mijen Krian

Sebanyak 500 Sertifikat Tanah Diserahkan Kepada Masyarakat Sedengan Mijen Krian

Lensanasional.co.id – Sebanyak 500 sertifikat tanah diserahkan oleh tim Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat Desa Sedengan Mijen Kecamatan Krian pada Rabu (28/02/2019) di kantor desa setempat. Penyerahan tersebut dilaksanakan setelah berkas dan status tanah telah memenuhi persyaratan yang ditentukan

“Pembagian 500 sertifikat itu baru merupakan tahap pertama dari jumlah total 1250 kuota bidang tanah yang didapat oleh desa kami,” terang M Hasanuddin, Kades Sedengan Mijen.

” Secara keseluruhan sejak awal proses pendaftaran hingga penyerahan sertifikat ini semuanya berjalan lancar tanpa kendala. Warga kami telah melengkapi semua berkas berkas persyaratan seperti disosialisasikan waktu acara PTSL dulu,” tambahnya.

Desa Sedengan Mijen merupakan salah satu dari sekian desa di Kabupaten Sidoarjo yang mendapat jatah kuota bidang tanah dalam program PTSL yang disosialisasikan sejak Januari 2018 silam oleh BPN Kabupaten Sidoarjo.

Berbeda dengan Prona, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah program di era Jokowi tentang pertanahan yang prosedur pelaksanaannya diatur sesuai keputusan bersama tiga Menteri yakni, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Tertuang dalam SK Nomor 02/SKB/V/2017 dan Nomor 590-3167A Tahun 2017 serta Nomor 34 Tahun 2017 tentang Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Untuk program PTSL 2018, Sidoarjo memperoleh alokasi sebanyak 60.000 bidang tanah. Hampir 4 kali lipat dibanding 2017 yang hanya 17.000 bidang.

“Selaku Kepala Desa, saya sangat mendukung program ini sebab manfaatnya kepada masyarakat besar sekali. Apalagi dengan biaya cuma Rp 150.000. Ringan dan tak ribet. Namun saya juga meminta dengan sangat pada warga penerima agar berhati hati menjaga sertifikat tersebut. Jangan hilang dan jangan sampai dipinjamkan ke orang lain untuk urusan jaminan atau utang piutang,” tegas M Hasanuddin.

Di sisi lain penyerahan sertifikat tersebut disambut gembira oleh warga. Salah satunya yakni, Zainuddin (49) warga Dusun Mijen, Sedengan Mijen. “Saya setuju dengan PTSL ini sebab pengurusannya tidak ribet dan biayanya pun sangat terjangkau. Berbeda dengan jika kita mengurus sendiri,”ucapnya. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *