Semaraknya Ultah Ke 10 Komunitas Deltamania Wonoayu Sidoarjo

Semaraknya Ultah Ke 10 Komunitas Deltamania Wonoayu Sidoarjo

Lensanasional.co.id – Predikat sebagai biang keonaran dalam satu laga pertandingan sepak bola seringkali disematkan kepada kelompok supporter di Indonesia. Berbagai peristiwa tragis yang bahkan berujung pada hilangnya nyawa seperti tewasnya supporter Jakmania tahun lalu seolah menambah panjang deretan daftar kelam perilaku beringas mereka.

Berangkat dari kasus kasus seperti tadi, komunitas pendukung setia Deltras dan Persida Sidoarjo mencoba berusaha keras menepis anggapan tersebut.

Sebagaimana disampaikan oleh M Nuryasin, Korcam Deltamania Wonoayu (DMW) bahwa Deltamania khususnya DMW tak seperti supporter klub sepak bola lainnya.

Ditemui di sela sela peringatan ulang tahun DMW yang berlangsung dihalaman kantor pemdes Jimbaran Wetan, Minggu (24/2/2019) M Nuryasin menuturkan,” Bahwa supporter sepakbola Indonesia kerap bertindak anarkis memang iya. Namun bila stigma negatif itu digeneralisasi dalam arti Deltamania pun demikian, saya rasa itu keliru besar,”tuturnya.

“Justru kami selaku pengurus DMW bersama rekan rekan lainnya selalu menekankan kepada anggota DMW agar senantiasa menjaga ketertiban. Menghindari dari tindak anarkis dan menahan diri agar tak mudah terprovokasi oleh ulah supporter lain,” terang Nuryasin.

“Dan masyarakat penggila bola bisa menilai hingga hari ini tak pernah ada aksi anarkis dari kami baik ketika nonton di Sidoarjo maupun di kota lain. Alhamdulillah sejauh ini tak ada korban jatuh akibat ulah kami,” tambah Nuryasin.

Menurutnya lagi, DMW sebagai bagian dari Deltras dan Persida selain aktif mendukung klub asal Sidoarjo juga aktif di berbagai kegiatan sosial. “Seperti pada Ramadhan lalu, kami adakan acara bagi takjil gratis kemudian ikut kirim bantuan untuk korban bencana Lombok dan Palu,” pungkas Nuryasin.

Pada acara ultah tersebut hadir pula Ketua Umum Deltamania Sidoarjo, Danramil dan Kapolsek Wonoayu serta Kepala Desa Jimbaran Wetan.

Pada sambutannya, Pak Kades menekankan tentang pentingnya menjaga nilai sportifitas sebagai pecinta olahraga. “Saya salut pada adik adik DMW yang selama ini mampu menjaga nama baik dan selalu guyub penuh rasa solidaritas. Untuk itu, kedepan nanti mari terus kita tunjukkan bahwa Delta Mania Wonoayu ini tidak seanarkis seperti supporter klub daerah lain,”ucap Pak Kades Jimbaran Wetan. “Apabila tim yang didukun kalah ya harus legowo menerimanya,” tambahnya.

Dalam acara tersebut secara bergantian baik Danramil maupun Kapolsek Wonoayu menyampaikan hal senada dengan Kades Jimbaran Wetan. Intinya yakni, tetap menjaga suasana kondusif. Menjauhi tindak anarkis ketika nonton laga sepakbola dimanapun.

Dalam sejarahnya Deltamania Wonoayu berdiri sejak 23 Maret 2009. Hingga sekarang DMW telah memiliki anggota sebanyak 400an orang yang terdiri dari bermacam anak muda se Kecamatan Wonoayu. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *