Akibat Hujan Dua Jam Persawahan Desa Mulyodadi Berubah Mirip Tambak Ikan

Bagikan Berita Ini:

Lensanasional.co.id – Hujan lebat yang mengguyur di hampir seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo, Selasa (22/1/19) kemarin bukan saja mengakibatkan banjir di beberapa titik kawasan perkotaan kota delta. Namun juga merendam sejumlah wilayah pedesaan.

Sebagaimana terlihat di Desa Mulyodadi Kecamatan Wonoayu, Rabu (23/1/19). Area persawahan berikut lahan perkebunan tebu seluas hampir 15 hektar terendam air. Padi yang ditanam belum satu minggu tersebut hanya terlihat pucuk pucuknya saja. Mirip kolam tambak ikan.

Ditemui di kantor pemerintah desa, Slamet Priyanto Kades Mulyodadi menjelaskan bahwa lahan yang terendam tersebut akibat tersumbatnya aliran sungai kecil yang ada disisi utara. “Kemungkinan tersumbatnya disisi timur diluar wilayah desa ini hingga meluber masuk ke area sawah dan tebu kami,” ujar Slamet kepada Lensanasional.co.id, Rabu ( 23/1/19).

Ditambahkannya, kondisi tersebut selalu terjadi manakala hujan deras berlangsung lama. “Kemarin itu hampir selama dua jam. Namun meski terendam seperti itu kami tidak kuatir merugi sebab biasanya cepat surut sekitar 3 atau 4 hari. Kerugian akan terjadi ketika hal itu berlangsung selama 1 minggu lebih. Padi dan tebu dipastikan akan nyunyut,” terang Slamet Priyanto.

Desa Mulyodadi sendiri selama ini dikenal sebagai sentra UMKM penghasil roti goreng. Kondisi persawahan yang terendam air tersebut tampak tidak terlalu merisaukan jajaran pemerintah desa dan masyarakatnya. (git)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *