Satuman Si Penyebar Duit 10 Juta Ini Dulunya Hanya Penjual Bakso Keliling

Satuman Si Penyebar Duit 10 Juta Ini Dulunya Hanya Penjual Bakso Keliling

Lensanasional.co.id – Menjadi orang sukses adalah dambaan setiap orang. Tetapi kesuksesan itu sendiri tidak datang dengan sendirinya. Butuh proses. Perlu perjalanan panjang yang tak jarang penuh perjuangan dan air mata. Hal seperti itu dialami oleh Satuman, si penyebar duit Rp10 juta yang viral tempo hari di media sosial.

Pengusaha bakso warga Desa Kepatihan Tulangan Sidoarjo ini menuturkan kepada Lensanasional.co.id (11/1/19) tentang suka duka hingga sukses seperti sekarang ini. “Saya telah berjualan bakso selama 40 tahunan. Dulu awalnya memggunakan rombong dorong. Keliling dari desa ke desa. Modalnya pun dari pinjaman. Dari berkeliling itu saya mulai mendapatkan pelanggan. Begitu terus saya lakoni selama 25 tahunan hingga akhirnya bisa buka warung bakso sendiri,” tutur Satuman.

Keberuntungan mulai berpihak ketika anak ketiga lahir. Usaha bakso Satuman pelan tapi pasti meningkat dan mulai dikenal banyak orang. Dirinya pun memberanikan diri buka cabang baru. “Sekarang hampir di setiap wilayah Sidoarjo terdapat cabang bakso saya dan Alhamdulillah di tahun ini juga akan buka cabang baru di GOR Sidoarjo dan Mojokerto,”ucapnya.

Ketika ditanya tentang aksinya yang viral menyebarkan duit, Satuman dengan lugu menjawab bahwa itu semata niat shodaqoh. Bentuk syukur dengan saling berbagi pada warga sekitar. “Itu saya lakukan setelah selesai membuatkan rumah untuk anak ke tiga saya dan murni niat shodaqoh. Saya sendiri tidak tahu ada yang merekam dan jadi viral seperti itu,” tambahnya.

Dimata warga sekitarnya, Satuman dikenal suka membantu lingkungan. Sumbangan shodaqoh Satuman juga mengalir ke pembangunan masjid dan mushola. “Pernah nyumbang Rp 10 juta dan 200 zak semen untuk renovasi masjid disini,” kata salah satu warga Kepatihan.

Kegigihan dan kedermawanan Satuman memang patut jadi teladan. Buah dari perjuangannya kini terlihat. Selain membuatkan rumah untuk ketiga anaknya, Satuman juga memiliki dua mobil pribadi, Kijang Innova dan Honda HRV. (hans/git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *