RS Husada Utama Surabaya Masih Melayani Pelayanan BPJS Kesehatan

RS Husada Utama Surabaya Masih Melayani Pelayanan BPJS Kesehatan

Surabaya – Terkait 11 Rumah sakit di Jatim terancam terhenti melayani pelayanan BPJS Kesehatan lantaran status akreditasi yang tidak di upgrade.

Handaryo, Deputi BPJS Kesehatan Wilayah Jatim menyebut, dari 315 rumah sakit di Jatim yang telah bergabung dengan BPJS Kesehatan. Ada 11 rumah sakit yang terancam tidak bisa melayani pelayanan BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah Rumah Sakit Husada Utama Surabaya dan Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik.

Terancamnya penghentian pelayanan BPJS Kesehatan, lantaran masa akreditasi pihak rumah sakit telah habis. Bahkan ada yang belum mengurus reakreditasi.

“Hal itu sesuai dengan Permenkes tahun 2019 yang mewajibkan seluruh rumah sakit yang melayani BPJS Kesehatan harus memiliki akreditasi. Agar standarisasi layanan terjaga, sehingga keamanan kesehatan pasien terjamin,” kata Handaryo, Deputi BPJS Kesehatan Wilayah Jatim.

Menyikapi ini RS Husada Utama Surabaya melalui Prof. Dr. Hariadi SPOG selaku Plt Direktur Utama mengatakan bahwa pelayanan BPJS di RSHU sampai hari ini masih tetap jalan. Dia pun menuturkan para peserta BPJS di RSHU antreannya masih banyak. “Pelayanan masih tetap sama. Ini gak ada informasi, makanya tidak ada pemberhentian (pelayanan peserta BPJS),” ujarnya.saat Temui Rekan -rekan media di kantor Rs Husada Utama Surabaya,Jum’at (04/01).Pagi.

ia menegaskan akreditasi sudah diajukan sejak Oktober 2018 lalu. Saat ditanya apakah memang ada kendala pada akreditasi, Prof. Dr. Hariadi membenarkannya.

Prof Hariadi menyatakan bahwa akreditasi RSHU masih dalam proses. “Proses akreditasi masih pengurusan, akrditasi sudah diajukan per Oktober Memang belum selesai,” ucap prof Dr Hariadi Plt Rs Husada Utama.

menambahkan, sebenarnya pada 20 Desember 2018 lalu, BPJS Surabaya bersama Dinas Kesehatan telah meninjau RSHU. Mereka pun menilai bahwa RSHU masih layak melayani peserta BPJS. “Menyatakan layak melayani BPJS. Tiba-tiba ada imbauan itu, kami bingung tetap kami pelayanan kok. Ini tadi bingungnya.

”Kami pihak Husada Utama yakin akan ada perpanjangan terkait ini, pihak kami meminta tanggal 29 Januari 2019 akan ada perpanjangan Akreditasi. Pasti di berikan kepada Husada Utama, karena apa yang diminta BPJS sudah kami penuhi. Jadi tetap seperti biasa tidak akanada perubahan pada kami,” ucapnya.(TH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *