Kades Sedengan Mijen Ini Rela Hibahkan Tanah Waris Untuk Gedung Posyandu

Kades Sedengan Mijen Ini Rela Hibahkan Tanah Waris Untuk Gedung Posyandu

Lensanasional.co.id – Langkah yang ditempuh oleh M Hasanuddin ini patut di acungi jempol. Betapa tidak. Di saat banyak orang menggenggam erat harta berupa tanah warisan yang tak jarang menimbulkan persengketaan ahli waris, M Hasanuddin justru ikhlas menghibahkan sebagian tanah warisnya untuk kepentingan desa.

Kepala Desa Sedengan Mijen Kecamatan Krian, Sidoarjo ini melakukan hal tersebut setelah upayanya mencari lahan tempat Posyandu tak jua menuai hasil.

“Sebelumnya kami telah berusaha mencari lokasi untuk tempat Posyandu namun nihil. Pernah dapat yang sesuai tapi setelah dikalkulasi ternyata biaya pembelian lahan dan pembangunannya tidak mencukupi dengan anggaran yang telah disiapkan,” tutur Hasanuddin, (3/1/2019).

Di lahan hibah seluas 11×5,6 meter tersebut kini tengah dikerjakan gedung Posyandu yang mendekati tahap finishing. Menelan biaya sekitar Rp 100 juta, gedung itu tampak cantik kokoh beratapkan deck beton plus toilet didalam. Mirip ruko.

“Biaya pembangunannya kami ambilkan dari APBDes yang telah disepakati sebelumnya oleh semua unsur lembaga desa dan tokoh masyarakat disini. Semuanya kompak mendukung langkah yang kami ambil ini,” terangnya.

Selain itu, bentuk dukungan juga datang dari warga sekitar yang siap memberikan saluran listrik ke gedung Posyandu. Plus pembuatan tulisan nama tempatnya sekaligus.

Sungguh. Apa yang dilakukan Hasanuddin diera serba digital ini ibarat seribu berbanding satu. Sangat langka. Kerap kali kita mendengar kasus perselisihan tanah waris yang intinya saling ngotot mempertahankan. Hasanuddin justru sebaliknya. Ikhlas membagikan sebagian harta tanah warisannya kepada desa.

“Saya melakukan itu bukan bermaksud sok atau dianggap dermawan. Itu semua didasari rasa ikhlas demi kemashlahatan bersama. Toh hidup hanya sekali, harta pun tak akan ikut dibawa mati. Prinsip saya sederhana, mengisi hidup dengan hal yang bermanfaat. Itu saja,” tandas Hasanuddin.

Nah, bila Kades Sedengan Mijen, Krian ini bisa melakukan hal positif bagi kepentingan desanya. Bagaimana dengan para Kades lain di Sidoarjo? (hans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *