Jalinmatra di Gamping, Krian, 21 Warga Kurang Mampu Terima Bantuan Barang Modal Usaha

Jalinmatra di Gamping, Krian, 21 Warga Kurang Mampu Terima Bantuan Barang Modal Usaha

Sidoarjo – Beban hidup akan terasa benar beratnya apabila yang merasakan tersebut merupakan sosok seorang janda paruh baya tanpa dampingan suami. Demikian disampaikan oleh Kasmuin, Ketua Tim Pendamping Desa dan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PDPFK), Kamis (25/10) saat membuka acara pemberian bantuan Jalinmatra di Desa Gamping Kecamatan Krian.

Disinilah, lanjut Kasmuin, pemerintah Provinsi Jawa Timur memahami kondisi tersebut dan menggandeng UNIBRAW Malang dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mendata setiap warga tidak mampu yang berkriteria sebagai Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) untuk dapat menerima bantuan.

“Semua data tadi diambil dari BPS. Jadi tidak benar jika warga penerima bantuan adalah pilihan pihak pemerintah desa atau Pak Lurah. Oleh sebab itu, bila ada kegiatan pendataan sebaiknya warga kooperatif. Terbuka dan tidak gengsian dengan kondisinya itu. Sekaligus juga biar tahu proses pendataan tersebut,” ujar Kasmuin.

Pada kesempatan sama, Kepala Desa Gamping menuturkan bahwa bantuan berupa barang tersebut agar diupayakan sebagai modal usaha untuk menambah penghasilan.

“Seperti bantuan berupa kulkas ini digunakan untuk berjualan es atau mesin cuci pakaian itu dapat dipakai untuk usaha laundry. Semua diupayakan sebagai modal usaha, bukan nantinya malah dijual setelah ini,” tutur Kades Gamping.

Tercatat sebanyak 21 orang janda berkriteria Kepala Rumah Tangga Perempuan dari Desa Gamping di acara tersebut menerima bantuan berupa mesin cuci, kulkas, tabung elpiji dan sembako. Semua barang jika dirupiahkan sama dengan senilai Rp 2,5 juta.

Pada kegiatan yang berlangsung di pendopo desa itu hadir pula staf DPMDP3AKB Kabupaten Sidoarjo, perwakilan Forkopimka Krian serta unsur lembaga desa seperti BPD dan LPMD. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolik oleh Kades Gamping kepada warga penerima. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *