Wakasal Tutup Geladi Posko Latihan Armada Jaya XXXVI TA 2018 di Kodiklatal

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – Kodiklatal, (25/9) Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R. mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, secara resmi menutup pelaksanaan geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-36 TA 2018 yang dilaksanakan di gedung JOPR Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Hadir dalam acara penutupan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Armada Jaya ke-36 Ta 2018, Pangkoarmada III Laksda TNI ING Ariawan, S.E., M.M, Pangkolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai, S.E, Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., Komandan Seskoal Laksda TNI Laksda TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., Dankormar Mayjen TNI Bambang Suswantono, Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro,S.Sos, S.H., M.H, Kasarmada II Laksma TNI ING Sudihartawan, S.Pi., M.M, Wagub AAL Brigjen TNI Mar Nuri Andrianis Jatmika.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, dalam sambutan yang dibacakan Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq R. menyampaikan bahwa selama pelaksanaan kegiatan geladi, penyelenggara, wasdal, penilai dan pelaku, telah mengerahkan segenap pengetahuan dan kemampuannya dalam rangka menyukseskan geladi posko ini.

Oleh karena itu dengan selesainya kegiatan tersebut Kasal menyampaikan ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dari laporan dan evaluasi pelaksanaan geladi posko ini, kita dapat mengetahui sejauh mana hasil latihan yang telah kita laksanakan. Adanya penilaian yang baik selama latihan, supaya dijadikan sebagai pedoman untuk dipertahankan dan ditingkatkan pada latihan-latihan selanjutnya.

Demikian juga sebaliknya, penilaian yang kurang baik, agar dijadikan sebagai bahan masukan dan evaluasi untuk perbaikan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan latihan di masa yang akan datang.

Adapun Geladi posko latihan armada jaya ke-36 tahun 2018 ini merupakan latihan pertama yang menggunakan sistem elektronik dalam mendukung proses pengambilan keputusan militer. Hal ini dapat dipahami bahwa masih terdapat berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam sistem tersebut, baik dari sisi teknis maupun dari sisi pengguna.

Temuan-temuan yang didapatkan dalam penggunaan e-ppkm selama latihan, agar dikompilir, dievaluasi dan ditindaklanjuti untuk penyempurnaan sistem tersebut.

Orang nomor satu dijajaran TNI AL ini berharap, setelah melalui penyempurnaan, sistem ini dapat diimplementasikan di tiap-tiap kotama dan dapat mendukung pelaksanaan latihan yang sama dalam bentuk geladi mako.

Dengan penerapan teknologi melalui penggunaan e-ppkm dalam latihan ini, sebagai wujud pencapaian visi TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern.

Sebelum penutupan dalam kesempatan tersebut Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq R. meninjau pelaksanaan Uji Rencana Operasi (RO) dengan TFG yang dilaksanakan di gedung Sulawesi Pusat latihan Elektronika kendali senjata (Puslatlekdalsen). Selesai meninjau pelaksanaan uji RO, orang nomor dua dijajaran TNI AL ini juga menyaksikan laporan tim Wasdal, Penilai dan litbang yang dilaksanakan di gedung JOPR Kodiklatal.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *