SMA Muhammadiyah 10 Surabaya Berhasil Meraih Kepercayaan Masyarakat

Bagikan Berita Ini:

Surabaya – SMA Muhammadiyah 10 Surabaya ‘talent executive school ‘ di Jl Genteng Muhammadiyah No 45 Surabaya, berhasil meraih kepercayaan masyarakat, yang ditandai dengan makin bertambah jumlah siswa yang mendaftarkan diri pada tahun ini saat di temui rekan -rekan media di kantor,surabaya,(20/7).

Kepala Sekolah (Kasek) SMA Muhammadiyah 10, Sudarusman menyatakan, tahun ini jumlah siswa baru sebanyak 260 anak. Ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yang hanya menerima 230 siswa baru.

“Semula hanya enam kelas, lantas menjadi delapan kelas. Bahkan, ada seorang siswa baru dari Portugal yang sekolah di sini,” katanya.

Sekolah keberbakatan ini, fokus pada pengembangan kepercayaan diri, mandiri, tanggungjawab, budaya kerja keras, dan ketaqwaan, yang ditanamkan pada setiap siswa.

“Kami berusaha membentuk dan membangun karakter para siswa menjadi mandiri , berkarakter baik, dan bertaqwa pada Allah SWT. Sehingga mereka siap dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Bukan melamar atau mencari pekerjaan nantinya,” kata Sudarusman.

“Jadi di sekolah ini memang beda dengan sekolah konvensional lainnya. Sekolah kita memang orientasinya di luar kelas. Dan untuk olahraga, kita lebih menggarap masalah non teknis, salah satunya psikologis anak-anak menjelang tanding. Sebab untuk masalah teknis, pelatih dan klub mereka yang tahu. Dan hasil psikologis anak-anak, kita laporkan kepada pelatihnya.

Tidak hanya itu, proses belajar mengajar di SMA Muhammadiyah 10, menurut Sudarusman juga berbeda dengan sekolah pada umumnya. Jika di sekolah biasa siswa harus mengikuti jadwal di kelas, tapi di SMA Muhammadiyah 10 justru sebaliknya, yaitu guru yang mengikuti jadwal siswanya.

“Makanya itu, di sini bisa sampai jam 9 malam sekolahnya. Karena di sini tempatnya belajar, bukan mengajar. Jadi, di luar kelas pun mereka harus belajar. Tapi tetap kita dampingi. Termasuk siswa yang tercatat sebagai atlet, saat mereka latihan, tetap kita pantau bagaimana perilakunya di lapangan,” paparnya.

Yang lebih menarik lagi, kata Kasek, sekolah ini mempunyai guru BK (bimbingan dan konseling) sebanyak 17 orang yang menangani masalah yang dialami anak sekolah di sini. Baik itu masalah di rumah ,lingkungan dan lainnya.

Sekolah unggulan ini, berorientasi pada passion atau minat anak itu sendiri. Mereka difasilitasi oleh sekolah dan tergabung dalam komunitas. Ada komunitas perkuliahan, komunitas kelas olahraga, komunitas talents class dan program unggulan lainnya.

Untuk kelas olahraga, musik maupun kelas entrepenuer misalnya, naluri bisnis siswa diasah dan dikembangkan semaksimal mungkin.Passion (bakat dan minat) siswa harus dikembangkan dan dioptimalkan agar menjadi pribadi yang tangguh, mandiri dan siap membuka lapangan kerja sendiri.

Ada ragam komunitas talents class, meliputi sinematografi, brassband and band, jurnalistik, fotografi, tari, presenter, desain, tata busana, tata rias, tata boga dan babershop.

Menurut Kasek Sudarusman, ada program baru yakni radio kooperatif. Sebuah program pembekalan yang mengoptimalkan fungsi gagdet untuk kegiatan yang lebih produktif dan positif nantinya.

“Kami telah mengembankan e- learning. Ketika anak-anak jeda, ada waktu fungsikan gadget lebih maksimal lagi. Adanya radio streaming makin banyak hubungan dengan sekolah,” katanya.

Sebab, ulangan telah menggunakan gadget. Para siswa bisa mengakses buku dan tugas lewat gadget. Akan dibuatkan game edukasi sebagai alternatif bagi siswa untuk memaksimalkan fungsi handphonnya,” cetus Kasek Sudarusman.

Sementara itu, Putri Diah, siswi kelas 11 mengaku senang sekolah di SMA Muhammadiyah 10, karena potensi siswa diasak dan dikembangkan seoptimal mungkin.

“Saya ikut musik , English club dan psikologi. Saya bangga bisa sekolah di sini. Banyak kegiatan positif yang menyenangkan di sini,” cetusnya.

Hal senada diungkapkan oleh Mutiara Eka Bella Apriliani, kelas 11, yang bisa mengembangkan bakatnya di bidang MC atau pembawa acara. “Saya fokus menekuni MC dan seringkali jadi MC,” katanya.(TH)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *