Mega Proyek Penampungan Air Bersih Ini Telah Capai 80% Tahap Penyelesaian

Mega Proyek Penampungan Air Bersih Ini Telah Capai 80% Tahap Penyelesaian

Mojokerto– Warga Mojokerto terlebih Sidoarjo bakal tidak kesulitan lagi akan kebutuhan air bersih. Hal tersebut seiring dengan dilakukannya pengerjaan bangunan penahan air di sepanjang sungai (long storage) sejauh 5 km dan bak sedimen.

Proyek yang bisa disebut berskala mega proyek itu mulai dikerjakan pada Oktober 2017 dengan prediksi selesai Desember 2019 dimana pada bangunan itu dapat menampung sebanyak 1,6 juta liter meter kubik air yang diambilkan dari sungai Brantas.

Mega proyek yang berlokasi di perbatasan Mojokerto dan Sidoarjo itu dikerjakan oleh PT. NJKSO. Menurut H Puh, kontraktor PT NJKSO, proyek pembangunan long storage dan bak sedimen lebih dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Mojokerto khususnya Sidoarjo.

“Selama ini kita tahu, kebutuhan air bersih warga Sidoarjo masih dipasok dari sumber Umbulan yang sangat terbatas seiring dengan makin banyaknya populasi warga Sidoarjo belakangan ini. Untuk itu, dengan proyek ini diharapkan bisa menjadi solusinya,” tutur H Puh.

Dari pantauan Lensanasional.co.id di lapangan, pengerjaan mega proyek tersebut diperkirakan telah mencapai 80% seiring dengan telah selesainya proses pengecoran di lahan seluas 100×100 meter. (git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *