Hadiri Peringatan HANI 2018, Kadivpas Komitmen Berantas Narkotika

Bagikan Berita Ini:

Batu – Komitmen Kanwil Kemenkumham Jatim khususnya Divisi Pemasyarakatan dalam pemberantasan narkotika tidak perlu diragukan lagi. Salah satu buktinya ditunjukkan ketika Kadiv Pemasyarakatan Krismono menghadiri acara puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 (16/7). Acara Puncak Peringatan HANI 2018 digelar di Gedung Pancasila, Balai Among Tani Kota Batu. Acara tersebut diinisiasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso dan Walikota Batu Dewanti Rumpoko hadir. Juga pejabat di jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batu.
Dalam sambutannya, Kepala BNNP Jatim mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyusun rencana aksi pencegahan narkotika di seluruh instansi. Mulai dari sekolah, pemerintahan hingga di tingkat RT dan RW. Termasuk juga Lapas dan Rutan. Pernyataan itu mendapatkan respon positif dari ibu Dewanti, menurutnya Kota Batu yang beliau pimpin siap memerangi narkotika.

Sedangkan Bapak Krismono juga tak mau ketinggalan. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan memberantas peredaran handphone, pungutan liar/ pugli, dan narkotika (Halinar) dari dan di dalam Lapas/ Rutan. Salah satu bentuk konkritnya adalah memasang X-Ray di hampir setiap pintu utama 39 Lapas/ Rutan di Jatim. Di sisi lain, penggeledahan secara manual juga dilakukan. “Selama ini sudah banyak upaya penyelundupan telepon genggam dan nakotika yang berhasil kami gagalkan,” ungkapnya.

Selain itu, pihak Lapas/ Rutan juga menggelar penggeledahan rutin dua kali dalam seminggu. Sehingga ruang gerak dan kemungkinan bandar mengendalikan peredaran gelap narkotika dari dalam Lapas Rutan bisa diminimalisir. “Kami juga sudah menegaskan bahwa siapa saja yang terlibat peredaran gelap narkotika, akan kami beri sanksi tegas,” tutupnya.
(Hms)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *