Moto GP Jepang Didominasi Rider Asal Spanyol

Jakarta – MotoGP Jepang rutin dimenangi oleh para rider Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Apakah kecenderungan itu akan berlanjut akhir pekan ini?

MotoGP 2017 mulai memasuki empat seri terakhirnya. Balapan MotoGP Jepang di Motegi akhir pekan ini akan mengawali rangkaian balapan pamungkas tersebut.

Menilik statistik, Motegi sendiri sudah seperti jadi miliknya para pebalap Spanyol dalam balapan di kelas primer. Dalam enam musim terakhir, podium teratas MotoGP Jepang di Motegi rutin diisi oleh para rider dari negeri Matador.

Dalam periode ini Dani Pedrosa dari Repsol Honda menjadi pebalap tersukses dengan tiga meraih kemenangan (2011, 2012, 2015). Jorge Lorenzo, dari Ducati, punya dua kemenangan (2013, 2014). Sedangkan balapan musim lalu dimenangi Marc Marquez (Repsol Honda).

“Saya punya perasaan menyenangkan dengan sirkuit ini sejak pertama kali melaju di sana, ketika masih berusia 15 tahun. Sirkuitnya cocok dengan gaya saya dan saya pun sangat menyenangi sirkuit ini,” ujar Pedrosa seperti dilansir Crash.net.

“Sayangnya tahun lalu saya mengalami crash dahsyat sehingga mengalamai cedera, tapi saya harap musim ini kami bisa menjaga momentum bagus dan membalap dengan baik. Kami akan berusaha 100% untuk mewujudkan itu,” ucapnya.

Pedrosa sendiri saat ini menempati posisi empat klasemen sementara. Secara matematis ia masih punya berpeluang memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2017.

Pun begitu, titel tersebut secara realistis tinggal diperebutkan oleh tiga rider yakni Marquez si pemuncak klasemen, Andrea Dovizisio (Ducati) di posisi kedua, dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) di posisi ketiga.

Maka untuk balapan akhir pekan ini Marquez dan Vinales jelas akan berharap tren positif rider Spanyol akan berlanjut di Motegi. Sementara Dovizioso, satu-satunya Italiano di tiga besar, bakal berharap sebaliknya. (Fas)

Bagikan berita ini
46 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *