Mabes Polri Belum Menyiapkan Pengganti Buwas Kepala BNN RI


Jakarta
– Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Budi Waseso akan memasuki masa pensiun. Lulusan Akpol tahun 1984 itu akan pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Mabes Polri belum menyebut perwira polisi yang mungkin menjadi pengganti Buwas, sapaan Budi Waseso. Hanya saja, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan syarat pengganti Buwas.

“Pastinya nanti salah satu dari (Jenderal) bintang tiga,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu

Namun, Setyo tidak menutup kemungkinan nantinya pengganti Buwas berasal dari salah satu jenderal bintang dua yang dimiliki Polri. “Bisa jadi tapi kalau bintang satu tidak mungkin apalagi Kombes,” katanya.

Polri juga akan menyiapkan pengganti Buwas yang akan pensiun. “Pasti (diganti), sebentar lagi kan Pak Buwas pensiun,” ujar Setyo.

Sebelumnya, Buwas menyebut dirinya akan segera memasuki masa pensiun. “Kalau Maret (2018) selesai tapi saya masih dibutuhkan negara dan bangsa ini saya siap,” kata Buwas di Kantornya pada 27 Desember 2017 yang lalu.

Ada sejumlah nama yang kemungkinan menggantikan posisi Buwas dari kalangan jenderal bintang tiga yang dimiliki Polri. Di antaranya ada Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayu Seno, Kabaharkam Polri Komjen Moechgiyarto, Kabaintelkam Polri Komjen Luthfi Lubiyanto, dan Kalemdikpol Komjen Unggung Cahyono.

Selain para jenderal bintang tiga di atas, ada sejumlah nama jenderal bintang dua yang dapat menggantikan posisi Buwas. Di antaranya Wakabareskrim Polri Irjen Antam Novambar dan Deputi Bidang Penindakan Irjen Arman Depari.

Khusus Arman, jenderal berambut gondrong dan berkumis lebat ini sudah malang melintang di dunia penindakan Narkotika. Lulusan Akpol 1985 ini pernah menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Metro Jaya pada tahun 2006 hingga tahun 2008. Usai mengemban jabatan itu, ia pun menjalani jabatan pertamanya sebagai jenderal bintang satu atau Brigjen sebagai Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri selama lima tahun lamanya, sejak 2009 hingga 2014.

Begitu pula dengan Antam. Antam juga pernah menduduki jabatan sebagai Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri pada 2016, sebelum akhirnya menjabat sebagai Wakabareskrim Polri mendampingi Komjen Ari Dono Sukmanto.(**)

Bagikan berita ini
510 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *