Lelang Lukisan Karya Affandi dan Kartika Affandi  Paling Spektakuler di Tahun 2018 

Surabaya – Pameran lukisan perjuangan Jawa Timur dan lelang lukisan perjuangan Jawa Timur dihadiri oleh Calon Wakil Gubernur Jawa timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno,di Hotel Bumi Surabaya, Minggu (25/3/2018) malam.

kader senior PDIP Shaleh Ismail Mukada yang akrab dipanggil Bung Shaleh mengatakan, acara ini bakal menjadi pameran lukisan paling spektakuler di tahun 2018 karena disamping menggelar hasil karya 30 pelukis ternama, panitia juga bakal memamerkan sekaligus melelang dua lukisan karya sang maestro Affandi Koesoema.

Mantan Wali Kota Surabaya, Bambang Dwi Hartono pun mengungkapkan bahwa di tahun politik tidak harus panas.

Melainkan dihiasi dengan seni dan budaya. “Kita tunjukkan tahun politik tidak harus panas. Caranya dengan kita menghiasi seni dan budaya,” katanya.

Mbak Puti Mengatakan Bicara seni lukis, terus terang saya bukan kolektor. Tapi saya tahu dan selalu melihat koleksi lukisan dari kakek saya (Bung Karno) yang ada di istana di indonesia. Dari cerita ayah saya bahwa memang Bung Karno sering mengundang para seniman untuk makan pagi di istana negara untuk berdiskusi,” ungkapnya.

Namun, Bung Karno berpesan bahwa lukisan-lukisannya yang sampai sekarang menempel di dinding Istana Negara adalah milik rakyat Indonesia.

“Ini adalah cara Bung Karno untuk mengangkat seniman-seniman Indonesia bisa di kenal hingga Mancanegara. Lukisan-lukisan itu adalah milik rakyat Indonesia,” terangnya.

Puti pun mengaku bahwa seni budaya dan melukis menjadi bagian dalam pembangunan karakter bangsa.

Dari dulu, Puti bercita-cita bahwa seni lukis jangan sampai mati di Indonesia. Pelukis harus tumbuh subur di negeri ini.

“Pelukis Indonesia harus bisa dihargai di negerinya sendiri. Karena lewat budaya saya menyadari bahwa budaya ini yang kemudian menjembatani interaksi dengan internasional. Ini yg menyatukan kita dan inilah yang membentuk karakter indonesia,” tegasnya.

Karya maestro pelukis indonesia yang dipamerkan sendiri adalah karya Affandi, Kartika Affandi, Cak Kandar, dan beberapa pelukis lain.(TH)

Bagikan berita ini
35 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *