Komunitas Save Street Child Sidoarjo Sukses Entaskan 3 Anak Jalanan

Lensanasional.co.id – Kabupaten Sidoarjo sudah selayaknya berterima kasih dan berbangga dengan komunitas yang satu ini. Save Street Child Sidoarjo.

Betapa tidak, karena dari komunitas inilah tiga anak jalanan berhasil ke sekolah. Beranggotakan 30 anak muda idealis. Mayoritas mahasiswa, pelajar dan sebagian karyawan muda, komunitas anak muda ini bergerak tanpa terlalu banyak retorika.

Kepada Lensanasional.co.id. ketua Save Street Child Sidoarjo, Prasetyo (25) menjelaskan bahwa pendirian komunitas ini berangkat dari kepedulian dan keprihatinan akan nasib anak anak jalanan yang masih banyak terlihat berlalu lalang dijalanan kota Sidoarjo.

“Kami tidak ingin dianggap sok atau muluk. Komunitas ini sengaja kami bentuk murni dari rasa kepedulian akan nasib dan masa depan anak jalanan yang kami lihat masih banyak berlalu lalang dijalanan kota Sidoarjo,” ujar Prasetyo.

Save Street Child Sidoarjo berdiri 24 Mei 2015. Beranggotakan 30 orang yang sebagian besar mahasiswa dan pelajar. Disetiap minggunya, komunitas ini mengadakan kegiatan bimbingan belajar kepada anak anak jalanan yang tinggal di Lemah Putro, belakang stasiun Sidoarjo.

“Bimbingan itu berupa bantuan pembelajaran bila mereka punya PR atau tugas sekolah dan lainnya,” tutur Prasetyo.

Hasil kerja sosial mereka selama ini berhasil mengentaskan 3 anak jalanan yang dulunya tidak sekolah kini bisa duduk di bangku SD.

“Biaya masuk sekolah dan segala kebutuhan termasuk SPP, dari kami hasil iuran anggota perbulan,”tambah Prasetyo.

Sebuah langkah positif yang layak untuk diacungi jempol. Betapa di era hedonisme ini yang menjunjung tinggi tingkat status dan life style glamour ternyata masih ada sekelompok komunitas anak muda yang masih peduli sesama. Tanpa tendensi apapun. Tanpa banyak retorika. (Hans)

Bagikan berita ini
16 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *