Khofifah Angkat Issu Kemiskinan Dalam Debat Pilgub Jatim Pertama

Surabaya – Cagub Khofifah Indar Parawangsa berdebat sengit dengan Cagub Syaifullah Yusuf ( Gus Ipul) dalam acara debat Pilgub Jatim 2018 pertama pada Selasa (10/04/18).

Adu argumen saling terlontar ketika issu kemiskinan ditanyakan oleh Khofifah kepada Gus Ipul. Khofifah menyindir terjadinya ketimpangan kemiskinan yang masih tinggi di Jawa Timur.

Menurutnya, angka kemiskinan lebih tinggi terjadi di pedesaan hampir dua kali lipat dibandingkan wilayah perkotaan. Di desa, angka kemiskinan mencapai 15, 58 persen sementara di kota hanya 7,8 persen.

“Saya sudah sampaikan tadi yang bagus dari Jawa Timur adalah pertumbuhan ekonominya diatas rata rata nasional. Ekspor pun tertinggi. Begitu pula sektor penerimaan migas, tertinggi kedua setelah Riau. Namun mengapa di desa masih banyak orang miskin. Ini harus nyambung,” ujar Khofifah.

Tercatat pertanyaan seperti itu diulang ulang selama empat menit oleh Khofifah kepada Gus Ipul baik ketika melempar atau menjawab pertanyaan Gus Ipul.

“Jawa Timur ini pertumbuhan ekonominya diatas rata rata nasional. Ekspornya tertinggi dari seluruh provinsi. Jantung Republik ini ada di Jawa Timur. Ketimpangan kemiskinan tak boleh tidak harus cepat diatasi. Angka kemiskinan di provinsi ini menggelembung di pedesaan,” ungkap Khofifah. ( fik/git )

Bagikan berita ini
19 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *