Kenduri Tumpeng Dan Ludruk Lakon Sarip Tambak Oso Warnai Acara Ruwatan Desa Jati Alun Alun

Sidoarjo – Sedikit agak berbeda dengan desa lain, desa Jati Alun Alun, Kecamatan Prambon membuka acara ruwatan desa dengan tasyakuran dan kenduri tumpeng yang dilaksanakan di pendopo balai desa, Sabtu (5/5/18). Tasyakuran kenduri tumpeng tersebut dilakukan beramai ramai okeh segenap jajaran unsur penyelenggara pemerintah dan lembaga desa.

Kegiatan tradisi budaya itu juga dihadiri oleh Camat Prambon, Ainun Amalia, Danramil Prambon, Kapten Inf Sanusi serta perwakilan Polsek Prambon.

Usai kenduri tumpeng, Anshori, Kepala Desa Jati Alun Alun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan desa beserta masyarakat Jati Alun Alun yang telah membantu terlaksananya ruwatan desa.

“Saya tidak menampik bahwa tanpa dukungan dan bantuan semua pihak terutama masyarakat Jati Alun Alun kegiatan ruwat desa yang berlangsung sejak pagi hingga malam ini berjalan lancar. Untuk itu saya selaku pimpinan pemerintah desa mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya dan kedepan saya berharap kegiatan semacam ini bisa tetap lestari. Menjadi warisan positif bagi generasi berikutnya,” ujar Anshori.

Sebelumnya, pada siang harinya dilaksanakan sedekah bumi di makam punden desa Jati Alun Alun. Kemudian malam hari, dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian ludruk dengan lakon Sarip Tambak Oso. Sebuah kisah kepahlawanan yang sangat akrab bagi masyarakat Sidoarjo. (git)

Bagikan berita ini
12 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *