Kemenhub Sosialisasikan Penerapan Aplikasi IMRK Berbasis Online

SURABAYA – Direktorat Jendral Perhubungan Laut mensosialisasikan aplikasi Informasi Muatan dan Ruang Kapal (IMRK) berbasis online, dilaksanakan di gedung PT.Pelni Jalan Pahlawan no.112 – 114 Surabaya, Kamis,(12/4).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili oleh Kasubdit Angkutan Dalam Negeri Wisnu Handoko menerangkan, bahwa aplikasi IMRK berisikan kuota dan prioritas muatan, jadwal, standar pelayanan serta penyediaan data valid dan lengkap untuk mempermudah pengambilan keputusan yang tepat dan accountable.

“IMRK ini sangat bermanfaat untuk operator kapal juga pemilik barang yang akan mendukung kesuksesan penyelenggaraan program tol laut,” ujar Wisnu Handoko.

Wisnu mengatakan, aplikasi IMRK dapat membantu pengendalian data pengguna subsidi berupa data lengkap perusahaan shipper/pengirim muatan dan penerima muatan.

“Sehingga aplikasi ini juga dapat mencegah praktik monopoli muatan kapal,” Imbuhnya.

Wisnu juga menjelaskan, Manfaat bagi operator, IMRK dapat mengurangi biaya pemasaran,efisien dan transparan, mengurangi risiko dan pelayanan online selama 24 jam dan 7 hari.

Sedangkan pemilik barang akan mendapatkan kenyamanan selama 24 jam dan 7 hari,fleksibilitas, proses yang mudah dan pelayanan berkualitas.

IMRK juga merupakan aspek pengendalian disparitas harga melalui pemanfaatan data IMRK untuk pengawasan harga jual oleh distributor layer 1 dan 2.

Seperti hari ini, PT. Pelni sebagai salah satu operator kapal tol laut telah mampu mengembangkan aplikasi IMRK online bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Hubla mengadakan sosialisasi registrasi sistem IMRK kepada para shipper dan consignee yg selama ini menggunakan jasa PT. PELNI.

“Langkah ini diharapkan bisa segera diikuti oleh operator kapal lainnya sehingga program IMRK pada tol laut ini bisa menjadi leading dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparasi kegiatan angkutan laut dalam negeri ke depan” tutup Kasubdit Wisnu Handoko.   (Syawal)

Bagikan berita ini
21 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *